Senin, 3 Agustus 2009 17:14 WIB Wonogiri Share :

Hingga 2013, target pelanggan PDAM capai 40.000

Wonogiri (Espos)–PDAM Wonogiri menargetkan jumlah pelanggan pada tahun 2013 dapat mencapai 40.000. Hal tersebut menyambut program nasional penambahan 10 juta saluran PDAM.

Menurut Direktur PDAM Wonogiri, Sumadi, jumlah pelanggan PDAM pada tahun 2009 yakni 19.500, sehingga untuk tahun 2013 mendatang PDAM menargetkan jumlah pelanggan yakni 40.000. Dia mengatakan, untuk mencapai target tersebut, PDAM akan menambah sumber air di beberapa wilayah salah satunya di Kecamatan Manyaran.

“Selain menambah prasarana kami juga akan meningkatkan standar pelayanan,” jelas dia ketika dijumpai wartawan di Wonogiri, Senin (3/8).

Dia mengatakan, tahun 2010 pihaknya mengajukan pembuatan instalasi pengelolaan air (IPA) di daerah Nguntoronadi, dengan sarana tersebut pihaknya memprediksi dapat menambah 2.000 hingga 2.500 pelanggan. Sementara itu, pembuatan instalasi kota kecamatan (IKK) diusulkan untuk daerah Purwantoro serta Wuryantoro.

Kendati memasuki musim kemarau, tambah dia, pasokan air tidak mengalami kendala karena persediaan masih mencukupi.

“Kebutuhan air rata-rata yakni 156 liter per detik, sementara pasokan yang tersedia 170 liter per detik. Sehingga tidak ada masalah bagi pelanggan PDAM,” papar dia.

Ada beberapa wilayah di bagian selatan Wonogiri, sambung dia, yang mendapat perlakukan khusus untuk penerapan tarif. Dia mengatakan, di daerah Pracimantoro harga air disesuaikan dengan jumlah kebutuhan, karena di daerah tersebut hanya berlangganan ketika musim kemarau. Menurutnya, kondisi pasokan air di daerah bagian Selatan tersebut mencukupi kebutuhan air warga.

das

lowongan pekerjaan
CV MITRA RAJASA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama-Sama Mengawasi APBD

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (8/12/2017). Esai ini karya Doddy Salman, mahasiswa S3 Kajian Budaya dan Media Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah doddy90@yahoo.com Solopos.com, SOLO–DPRD DKI Jakarta mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran…