News
Senin, 3 Agustus 2009 - 13:41 WIB

Depdag siapkan program stimulus ekspor

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Departemen Perdagangan sedang menyiapkan program stimulus untuk mendorong kinerja ekspor nonmigas selama 2010 yang ditargetkan naik volumenya sekitar lima persen.

“Kalau bisa dapat (anggaran dana stimulus ekonomi) untuk pemulihan ekspor, mungkin bisa dikaitkan dengan lembaga pembiayaan ekspor,” kata Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu usai menghadiri pembacaan Pidato Pengantar RAPBN 2010 dan Nota Keuangan oleh Presiden SBY di depan Rapat Paripurna Luar Biasa DPR-RI di Gedung MPR/DPR, Jakarta, Senin (3/8).

Advertisement

Menurut Mendag, target penyaluran dana stimulus ekspor akan difokuskan pada UKM (Usaha Kecil dan Menengah) yang berpotensi ekspor. Selain itu, stimulus berupa pembiayaan ekspor itu akan digunakan untuk pengusaha yang melakukan ekspor ke pasar tujuan baru.

“UKM jelas satu fokus, UKM yang berpotensi ekspor itu yang akan dapat bantuan. Kedua mungkin juga untuk menembus pasar baru yang biasanya resikonya tinggi. Di situ mungkin kombinasi antara fungsi LPEI dan market intelejen yang baik,” jelas Mendag.

Mendag mengaku optimistis pemulihan kinerja ekspor akan berjalan dengan baik pada 2010 jika program tersebut berjalan dengan baik.

ant/fid

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Depdag Ekspor Program Stimulus
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif