Ah-tenane
Senin, 3 Agustus 2009 - 11:06 WIB

Asal comot

Redaksi Solopos.com  /  Is Ariyanto  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Siang itu cukup panas. Tampak Jon Koplo dan Tom Gembus, buruh bangunan yang sedang nggarap sebuah proyek di Solo ini sedang rolasan di sebuah warung es buah. Sambil srupat-sruput menikmati segarnya es buah, mereka ngobrol ngalor-ngidul.

Kebetulan warung itu agak sepi, hanya mereka berdua dan dua orang pembeli, seorang ayah dan anaknya yang duduk berhadapan dengan Koplo dan Gembus.

Advertisement

Karena merasa lapar, Jon Koplo mengambil roti yang ada di meja, lalu memakannya seperti orang kelaparan. ”Enak Mbus, ayo ambil!” Koplo menawari.

Tom Gembus pun mengambil satu dan melahapnya. Sementara anak kecil di hadapan mereka menatap ayahnya sambil berkata, ”Pak, itu…” sambil menunjuk roti yang dimakan Koplo. Melihat anak itu, Koplo malah menawari, ”Mau Dik? Ambil aja, enak kok,” kata Koplo seolah tanpa dosa sambil mengambil roti satu lagi.

Tawaran Koplo hanya dijawab dengan pandangan heran si anak tersebut. Beberapa saat kemudian, bapak dan anak itu sudah menyelesaikan minumnya. Setelah membayar es yang diminumnya, mereka pun bergegas pergi sambil membawa bungkusan roti di depan Koplo sambil berpamitan, ”Mangga Mas…”

Advertisement

Koplo dan Gembus tidak menjawab, tapi malah melongo kaget.

”Lho Pak, roti itu…”

”Iya, ini roti anak saya,” jawab bapak tersebut sambil tersenyum.

Advertisement

”Wadhuh! Mmm… maaf, Pak. Saya pikir…” kata Koplo tergagap sambil mencoba mengeluarkan uang untuk diberikan kepada bapak tersebut, ”Ini Pak…”

”Sudah, nggak usah,” jawab bapak itu sambil tetap tersenyum dan berlalu.

”Piye ta, Plo? Kamu sih, main comot roti milik orang. Sudah gitu pakai nawarin lagi,” tegur Gembus sambil ngekek.

”Ya mana aku tahu. Habis rotinya tadi ditaruh di meja sini. Tak pikir didol,” ujar Koplo membela diri. Kiriman Siti Nurrochmah, Sangkrah RT 01/RW 12, Pasar Kliwon, Solo 57119.

Advertisement
Kata Kunci : Jon Koplo
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif