Sabtu, 1 Agustus 2009 19:31 WIB Karanganyar Share :

Tunggakan pelanggan PLN capai Rp 4 M

Karanganyar (Espos)–Kesadaran pelanggan PLN dalam pembayaran rekening listrik dianggap masih rendah. PT PLN APJ Surakarta mencatat tunggakan dari pelanggan sejak awal tahun ini hingga Juni 2009 mencapai sekitar Rp 4 miliar.

“Pekerjaan rumah bagi pejabat Manajer PLN APJ Surakarta yang baru yaitu menyelesaikan tunggakan dari pelanggan PLN yang mencapai sekitar Rp 4 miliar. Tunggakan itu berasal dari pelanggan umum dan kebanyakan rumah tangga. Lebih kurang mencapai 90% dari rumah tangga,” terang J Wahjono, yang memasuki masa purna tugas sebagai Manajer PLN APJ Surakarta, kepada wartawan, Sabtu (1/8), di Lorin Business Resort & Spa.

Padahal, PLN mentargetkan tunggakan tersebut
tak lebih dari Rp 1,5 miliar. Wahjono juga tidak membantah ketika ditanya soal besarnya tunggakan pelanggan tersebut ada kaitannya dengan penerapan PPOB (<I>payment point online bank<I>). Menurutnya, penerapan PPOB itu tidak menutup kemungkinan membawa pengaruh pada besar kecilnya tunggakan. “Mungkin ada pengaruh dari hal itu (PPOB-<I>red<I>),” jelasnya.

Sementara, Manajer PT PLN APJ Surakarta yang baru, Puguh Dwi Atmanto berharap tunggakan pelanggan itu bisa turun di waktu mendatang, seiring dengan meningkatnya kesadaran akan hak dan kewajiban pelanggan PLN. Terkait tunggakan tersebut, Puguh menegaskan PLN sudah mempunyai ketentuan tentang sanksinya.

iik

lowongan pekerjaan
PT.ARUTAMA BUMI STILINDO, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama-Sama Mengawasi APBD

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (8/12/2017). Esai ini karya Doddy Salman, mahasiswa S3 Kajian Budaya dan Media Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah doddy90@yahoo.com Solopos.com, SOLO–DPRD DKI Jakarta mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran…