Jumat, 31 Juli 2009 12:44 WIB Internasional Share :

Obama perpanjang sanksi terhadap Suriah

Washington–Presiden AS Barack Obama, Kamis memperpanjang sanksi-sanksi terhadap Suriah atau individu-individu pro Suriah karena memprovokasi ketidakstabilan di Lebanon, walaupun ada sejumlah tanda positif dari Damaskus dalam waktu belakangan ini, kata Gedung Putih.

“Dalam enam bulan belakangan ini, Amerika Serikat menggunakan dialog dengan pemerintah Suriah untuk mengatasi kegelisahan dan mengidentifikasi masalah-masalah kepentingan bersama termasuk dukungan bagi kedaulatan Lebanon,” kata Obama dalam sebuah pernyataan.

Ia mengatakan ada “sejumlah perkembangan positif pada tahun lalu, termasuk penjalinan hubungan diplomatik dan pertukaran dutabesar-dutabesar antara Lebanon dan Suriah.”

Tetapi ia mengatakan “tindakan-tindakan oleh orang-orang tertentu  tetap membantu  ketidakstabilan politik dan ekonomi di Lebanon dan kawasan itu dan menimbulkan ancaman yang tidak biasa terjadi dan luar biasa, terhadap keamanan nasional dan kebijakan luar negeri AS.”

Sebagai akibatnya, kata Obama, ia memutuskan akan memperpanjang satu tahun sanksi-sanksi yang diberlakukan 1 Agustus 2007 oleh mantan Presiden George W Bush yang membekukan asset-asset para individu yang dituduh mengganggu kedaulatan Lebanon atas nama Suriah.

Amerika Serikat memberlakukan sejumlah sanksi terhadap Suriah, musuh utamanya di kawasan itu bersama Iran, yang bersekutu dengan Damaskus.

Sejak memangku jabatan, Obama melangkah dengan hati-hati untuk memperbaiki hubungan dengan Suriah, yang adalah pelaku dan dapat memainkan peran yang berpengaruh di kawasan itu, baik di Lebanon, Irak atau dalam konflik Israel-Palestina.

Pemerintah Obama belum lama ini melonggarkan sanksi-sanksi  terhadap Suriah.

 

Ant/tya

lowongan pekerjaan
DESIGN GRAFIS, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JL CPT Taft GT4x4’94,Body Kaleng,Ori,Asli KLATEN:081391294151 (A00593092017) “…
  • LOWONGAN CARI PTIMER 2-4 Jam/Hari Sbg Konsltn&SPV Bid.Kshtn All Bckgrnd Smua Jursn.Hub:0811.26…
  • RUMAH DIJUAL Jual TNH&BGN HM 200m2,LD:8m,Strategis,Makamhaji,H:08179455608 (A00280092017) RMH LT13…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Arsip dan Tertib Administrasi Desa

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (15/9/2017). Esai ini karya Romi Febriyanto Saputro yang menjabat sebagai Kepala Seksi Pembinaan Arsip dan Perpustakaan Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sragen. Alamat e-mail penulis adalah romifebri@gmail.com. Solopos.com, SOLO–UU No. 43/2007 tentang Kearsipan…