Kamis, 30 Juli 2009 18:17 WIB News Share :

SBY Peringatkan jangan ada ekspor beras massal saat El Nino

Jakarta–Presiden SBY menegaskan, agar jangan sampai ada ekspor beras besar-besaran karena tingginya harga di pasar internasional saat El Nino datang. Ekspor beras besar-besaran dikhawatirkan akan terjadi dan membuat cadangan dalam negeri berkurang. 

Demikian disampaikan SBY dalam rakor dengan gubernur plus TNI dan Polri di Istana Negara, Jakarta, Kamis (30/7).”Jangan sampai karena harga dunia tinggi kemudian ada trading yang alirkan beras kita hingga terjadi kekurangan beras dalam negeri.

“Ya, kita memang nggak menganut ekonomi komando, kontrol dan larang ini atau itu, tapi ini sudah menyakut nasionalisme. Ini sudah menyangkut kesetiawakanan dengan bangsa sendiri,” tegasnya.

Berdasarkan informasi Food and Agriculture Organization (FAO), Indonesia memang hanya akan terkena dampak ringan EL Nino. Namun, defisit beras di Afrika yang mencapai 10 juta ton dikhawatirkan bisa mendongkrak harga beras internasional.

Menurut SBY, untuk menghadapi fenomena EL Nino, cadangan beras setidaknya harus ada di kisaran 1,5 juta ton. Cadangan beras Bulog saat ini tercatat sebesar 2,6 juta ton.

“Cadangan beras ini jadi prioritas kita kala kemungkian gagguan El Nino,” katanya. Selain itu, pemerintah juga menganggarkan raskin dalam RAPBN 2010 untuk 17,5 juta rumah tangga. Masing-masing rumah tangga akan mendapat alokasi 15 kg beras selama 12 bulan.

“Memang tak ada kaitannya langsung dengan ketersediaan beras, tapi ini aspek sosial yang harus kita perhatikan hadapi kemungkinan masalah pangan ini,” ujarnya.

dtc/tya

The jagongan, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL TERIOS TS’2008,Mulus/Gagah R18,Comp AC Baru,Silver,125JtNego, Hub=085640166830 (A001…
  • LOWONGAN CR SALES Konveksi,Wanita,Usia 24-38Th,Gaji Pokok+Uang Makan+Bensin+Bonus.Hub:DHM 082134235…
  • RUMAH DIJUAL DIJUAL RUMAH Sederhana,Jl,Perintis Kemerdekann No.50(Utara Ps.Kabangan)L:12×7 Hub:081…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Harga Tertentu Beras Tertentu

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Kamis (7/8/2017). Esai ini karya Feriana Dwi Kurniawati, Kepala Seksi Usaha Tani dan Pengolahan Hasil Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah feriana_dk@yahoo.com. Solopos.com, SOLO — Pemerintah telah mengumumkan mulai…