Rabu, 29 Juli 2009 20:16 WIB Solo Share :

Panwaslu siap penuhi permintaan Pansus Hak Angket

Solo (Espos)–Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Solo mulai menyiapkan data tentang daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu legislatif, menyusul adanya permintaan dari Pansus Hak Angket DPR. Data tersebut bakal disampaikan DPR dalam pertemuan Panwaslu kabupaten/kota se-Jawa Tengah, Kamis (30/7), di Kantor Panwaslu Jateng di Semarang.

Dalam pertemuan di Semarang itu akan dihadiri sejumlah anggota Panitia Khusus (Pansus) Hak Angket DPR tentang daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu legislatif beberapa waktu lalu. Ketua Panwaslu Solo, Sri Sumanta saat dihubungi <I>Espos<I>, Rabu (29/7), mengungkapkan, sebelumnya Pansus Hak Angket DPR tentang DPT Pemilu legislatif sudah meminta kepada Panwaslu terkait data pemilih dalam Pemilu legislatif.

Dalam kesempatan pertemuan di Semarang ini, lanjutnya, Pansus Hak Angket akan meminta penjelasan dan data mengenai permasalahan DPT kepada Panwaslu tingkat kabupaten/kota se-Jateng.

“Untuk menyiapkan itu, kami akan siapkan sesuai blangko yang sudah dikirimkan ke Panwaslu Solo, seperti berapa banyak jumlah nama ganda, pemilih tanpa NIK (nomor induk kependudukan-<I>red<I>), anggota TNI/Polri, pemilih yang sudah meninggal dunia dan pemilih dengan alamat tidak jelas. Kami sedang mengumpulkan data-data,” tukasnya.

Yang lebih penting, menurut dia, Panwaslu Solo akan menanyakan persoalan mendasar kepada Dewan mengenai UU No 10/2008. Dia menguraikan, dalam UU itu terdapat banyak pasal yang tidaka memiliki kepastian hukum.

“Kami akan mengkritisi kinerja Dewan dalam penyusunan UU No 10/2008, terutama pasal-pasal yang mandul itu. Kalau memang mereka menuntut pelaksanaan UU dengan baik dan kinerja yang baik, tolong UU disusun dengan sempurna,” tandasnya.

trh

lowongan pekerjaan
AYAM BAKAR KQ 5, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Elite Oligarki dalam Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (6/12/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Dari manakah asal elite politik Indonesia pascareformasi ini? Sejak awal masa reformasi elite…