Selasa, 28 Juli 2009 21:08 WIB Karanganyar Share :

Polisi sisir kos-kosan dan rumah susun

Jaten (Espos)–Untuk meningkatkan kewaspadaan atas pergerakan terorisme di wilayah Kabupaten Karanganyar, aparat Polsek Jaten melakukan penyisiran di sejumlah tempat kos-kosan dan rumah susun di wilayah setempat, Selasa (28/7).

Kali pertama, penyisiran dilakukan di dua kos-kosan di pinggiran Jalan Raya Palur, yakni di Pondok Biru dan Pondok Indah. Di tempat itu, polisi mendata ulang para penghuni kos setempat. Kali terakhir, pendataan dilakukan pada tahun 2004 lalu dan saat ini para penghuninya sudah banyak yang berubah.

Mencuatnya isu terorisme yang disertai sejumlah aksi pengeboman di obyek-obyek vital, mau tidak mau membuat aparat kepolisian harus meningkatkan kewaspadaannya. Salah satunya dengan memantau kos-kosan yang tersebar di sejumlah tempat untuk mengantisipasi masuknya orang-orang tertentu yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) Polri.

“Di dua kos-kosan itu ternyata penghuninya sudah berganti semua. Jadi, perlu dilakukan pendataan ulang agar semuanya lebih terpantau. Kalau ada apa-apa, bisa cepat ditangani. Setiap pendatang baru atau orang luar yang bermukim di wilayah sini juga dapat terdata dan terpantau dengan baik,” kata Kapolres Karanganyar AKBP Sri Handayani, melalui Kapolsek Jaten AKP Suparmin, saat ditemui <I>Espos<I> di sela-sela pemeriksaan penghuni Rusunawa Brujul.

Pendataan para penghuni kos-kosan itu dilakukan polisi bersama-sama dengan aparat pemerintah desa setempat. Diharapkan, Pemdes juga ikut mengawasi mobilitas warga di wilayahnya.

Di Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Brujul sendiri, dari sebanyak 192 kamar yang ada, 50 kamar di antaranaya saat ini sudah terisi. Semuanya terdata rapi oleh petugas keamanan setempat, Hartoyo. Di tempat itu, polisi juga memeriksa secara langsung identitas penghuni Rusunawa satu per satu. Kebanyakan penghuninya memang kalangan buruh sekeluarga, yang rata-rata bekerja di pabrik-pabrik yang bertebaran sekitar lokasi Rusunawa.

“Yang penting identitas penghuninya jelas. Jangan sampai Rusunawa ini digunakan untuk hal-hal yang tidak baik, atau ditinggali orang-orang yang mencurigakan. Untuk itu kami turut mengimbau agar para penghuni Rusunawa maupun petugas keamanan di sini selalu siaga dan waspada, dan melaporkan ke polisi apabila ada orang yang dicurigai sebagai pelaku kejahatan atau teroris,” imbuhnya.

dsp

lowongan pekerjaan
Pengawas, Estimator, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JL CPT Taft GT4x4’94,Body Kaleng,Ori,Asli KLATEN:081391294151 (A00593092017) DP Mura…
  • LOWONGAN CARI PTIMER 2-4 Jam/Hari Sbg Konsltn&SPV Bid.Kshtn All Bckgrnd Smua Jursn.Hub:0811.26…
  • RUMAH DIJUAL Jual TNH&BGN HM 200m2,LD:8m,Strategis,Makamhaji,H:08179455608 (A00280092017) RMH LT13…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Bangjo untuk Citra Kota Solo

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (19/9/2017). Esai ini karya Sugeng Riyanto, Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah ust.sugeng@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Dalam rapat kerja Komisi III DPRD Kota Solo bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Kota…