Senin, 27 Juli 2009 17:23 WIB News Share :

SBY seharusnya mengajukan gugatan Pilpres

Jakarta–Juru Bicara Tim Pemenangan Jusuf Kalla-Wiranto, Indra Piliang mengatakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono seharusnya juga mengajukan gugatan pemilihan presiden (pilpres) 2009 bila terdapat kecurangan yang ditemukan.

“Menurut kami, Pak SBY seharusnya juga mengajukan gugatan pilpres,” kata Indra kepada wartawan di Gedung MK di Jakarta, Senin.

Hal tersebut, ujarnya, terkait dengan perkataan Presiden sendiri yang mengakui bahwa terdapat pula sejumlah kecurangan yang menimpa pihak SBY-Boediono. Namun sayangnya, lanjut Indra, Presiden Yudhoyono malah tidak terlalu mempersoalkan
hal itu.

Kuasa Hukum Tim JK-Wiranto sendiri telah mendaftarkan gugatan pilpres ke Mahkamah Konstitusi pada Senin (27/7) sore ini.

Anggota Tim Kuasa Hukum tersebut terdiri atas lima orang dari Partai Golkar, lima orang dari Partai Hanura, dan tiga orang dari non-partai.

Sebelumnya, anggota tim sukses kampanye Yudhoyono-Boediono, Andi Mallarangeng di Cikeas, Jumat (24/7) mengatakan Susilo Bambang Yudhoyono menghargai sikap calon presiden lain yang berkompetisi bersamanya dalam Pemilu Presiden 2009 apabila mereka memutuskan tidak menandatangani berita acara rekapitulasi penghitungan suara Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Andi hanya mengingatkan komitmen awal setiap calon presiden yang berlaga dalam Pemilu Presiden 2009 bahwa masing-masing siap untuk kalah atau menang.

“Hak masing-masing untuk menandatangani atau tidak. Yang jelas, SBY menghormati kalau ada yang mau menempuh proses hukum dan lain-lain. Itu hak masing-masing,” ujar Andi.
Ant/tya

lowongan pekerjaan
Kepala Produksi, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Ketika Uang Tunai Terpinggirkan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (16/10/2017). Esai ini karya Riwi Sumantyo, dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah riwi_s@yahoo.com. Solopos.com, SOLO — Perkembangan teknologi digital yang super cepat mengubah banyak hal, baik di…