Soloraya
Senin, 27 Juli 2009 - 20:21 WIB

Persempit gerak teroris, aparat Polwil gelar operasi kendaraan

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)–Aparat Polwil Surakarta menggelar operasi kendaraan bermotor di ruas Jl Solobaru, Sukoharjo, Senin (27/7), untuk mempersempit ruang gerak jaringan pelaku terorisme Noordin M Top di wilayah Soloraya.

Dari pantauan Espos, operasi yang dipimpin langsung oleh Kabagops Polwil Surakarta AKBP Eka Wahyudianta, melibatkan aparat Polwil Surakarta dan Polres Sukoharjo. Dalam operasi tersebut, polisi memfokuskan pemeriksaan pada mobil-mobil boks dan mobil dengan nomor polisi luar daerah. Untuk mobil, polisi melakukan pemeriksaan menyeluruh dengan menggunakan metal detector.

Advertisement

Selain memeriksa surat kendaraan, polisi juga memeriksa identitas pengguna jalan. Untuk sepeda motor pemeriksaan juga dilakukan secara menyeluruh.

Pengguna jalan diminta menunjukkan identitas dan jok sepeda motor juga diminta dibuka. Tidak hanya itu saja, barang bawaan pengguna jalan juga tidak luput dari pemeriksaan polisi. Pemeriksaan tersebut dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan adanya bahan peledak (Handak), senjata api (Senpi) dan senjata tajam (Sajam).

Polisi juga menyebarkan poster daftar pencarian orang (DPO) Noordin M Top yang diduga mendalangi sejumlah aksi pengeboman di Indonesia. Poster tersebut diberikan kepada pengguna jalan yang melintas di lokasi tersebut.

Advertisement

Kapolwil Surakarta Kombes Pol Taufik Ansorie melalui Kabagops AKBP Eka Wahyudianta menjelaskan, operasi tersebut dilakukan serempak dan terus menerus di wilayah Soloraya.

“Kami antisipasi jaringan teroris Noordin M Top yang ada di Jateng,” ungkap Eka kepada wartawan di sela-sela operasi.

Dia menegaskan, operasi tersebut dilakukan secara berkelanjutan untuk semakin mempersempit gerak jaringan teroris yang masih ada di Jateng. Dia menyatakan, dengan semakin intensifnya operasi yang dilakukan diharapkan kondisi Soloraya tetap kondusif.

Advertisement

dni

Advertisement
Kata Kunci : Operasi Teroris
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif