Senin, 27 Juli 2009 16:19 WIB News,Ekonomi Share :

Indonesia perlu terapkan proteksionisme ekonomi

Jakarta–Kondisi ekonomi dunia yang masih dalam ketidakpastian seperti saat ini, Indonesia perlu menerapkan langkah yang dapat memperkuat fundamental ekonomi, salah satunya dengan menerapkan proteksionisme ekonomi.

“Saya tidak mau berdebat soal proteksionisme atau pun anti proteksionisme. Tapi saya kira proteksionisme adalah langkah yang baik dilakukan pemerintah Indonesia di tengah krisis global,” kata Pengamat Ekonomi dari Econit, Hendri Saparini di Jakarta, Senin.

Hendri mengatakan, jika Indonesia menerapkan kebijakan proteksionisme akan memberikan peluang bagi Indonesia memproduksi komoditas-komoditas yang sudah diolah.

“Saat ini Indonesia menjadi salah satu produsen sekaligus eksportir komoditas timah papan atas di dunia. Namun pada saat yang bersamaan, Indonesia justru melakukan impor produk-produk timah dari luar negeri,” jelasnya.

Menurut dia, keadaan itu disebabkan Indonesia hanya mengekspor bahan mentah, kemudian mengimpor kembali bahan mentah yang sudah menjadi bahan jadi yang memiliki nilai tambah.

Secara umum Indonesia banyak melakukan hal serupa dalam komoditas-komoditas lainnya, katanya.

“Oleh sebab itu, kita perlu melakukan proteksionisme,” ujarnya.
Ant/tya

LOWONGAN PEKERJAAN
FORTUNA STEEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Hantu Komunisme Masih Menakutkan Anda?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (4/12/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah eljeha@gmail.com. Solopos.com, SOLO–”Communism? Nyet… nyet… nyet…[Komunisme? Tidak… tidak… tidak…].” Begitulah komentar orang Rusia…