Minggu, 26 Juli 2009 20:34 WIB Solo Share :

Anggaran mobil operasional Poltabes dipertanyakan

Solo (Espos)–Kenaikan anggaran pada urusan bidang otonomi daerah (Otda) senilai Rp 3,8 miliar pada RAPBD-Perubahan 2009 dipertanyakan, lantaran adanya alokasi dana untuk mobil operasional Poltabes Solo. Padahal Poltabes merupakan lembaga vertikal dan dasar hokum atas pemberian anggaran ke instansi itu tidak jelas.


Penegasan itu disampaikan Juru Bicara Fraksi Partai Golkar (FPG) DPRD Solo, Suroto Mangunsudarmo dalam Sidang Paripurna DPRD dengan agenda Pandangan Umum Anggota Dewan, Jumat (24/7) malam, di Gedung Dewan. Suroto juga menyoroti adanya penurunan pada sumber pendapatan asli daerah (PAD) dari hasil pengelolaan kekayaan daerah senilai Rp 1,2 juta, terutama yang disebabkan adanya kerugian Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) senilai Rp 2 miliar lebih.


”Pembatalan pembangunan selter penyandang cacat senilai Rp 351,2 juta mengapa dilakukan? Dengan demikian potensi dan adanya Perda Difabel dipertanyakan,” ujarnya.


Selain laba PDAM yang belum masuk akibat kerugian pengelolaan, Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (FPDIP) juga mempertanyakan laba Perusda Pergudangan Pedaringan dan laba Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) yang juga belum masuk ke kas daerah.


”Berapakah prediksi bagian laba dari Pusat Pergudangan Pedaringan dan TSTJ tahun 2009? Alasan apa bagian laba tersebut tidak pernah masuk ke kas daerah?” ungkap Juru Bicara FPDIP Willy Tandio Wibowo.


Berbeda dengan Fraksi Partai Demokrat (FPD) yang lebih menyoroti pada sektoir kenaikan belanja di enam pos. Ketua FPD DPRD Solo, Supriyanto mengungkapkan, keenam pos anggaran belanja yang mengalami kenaikan itu antara lain, bidang pekerjaan umum meningkat sebesar Rp 292,6 juta, bidang perumahan meningkat Rp 97,9 juta, bidang perencanaan pembangunan senilai Rp 486,5 juta, bidang Dukcapil Rp 323,7 juta, bidang kepemudaan dan olahraga senilai Rp 222 juta dan bidang Otda senilai Rp 3,8 miliar.


”Jika melihat defisit anggaran yang mencapai Rp 68.8 miliar, maka darimana  Pemkot Solo bakal menutup defisit tersebut. Berapa persen anggaran yang sudah terserap oleh masing-masing SKPD selama tahun anggaran 2009 ini,” tandasnya.


trh



 

lowongan pekrjaan
PT.Bumi Makmur Santosa, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JUAL DAIHATSU Terios’09 TX AD-Solo,NomerCantik,An/Sendiri,Istimewa,Harga Nego,Hub:08…
  • LOWONGAN CR SALES Konveksi,Wanita,Usia 24-38Th,Gaji Pokok+Uang Makan+Bensin+Bonus.Hub:DHM 082134235…
  • RUMAH DIJUAL DIJUAL RUMAH Sederhana,Jl,Perintis Kemerdekann No.50(Utara Ps.Kabangan)L:12×7 Hub:081…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Peringkat dan Mutu Perguruan Tinggi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (13/9/2017). Esai ini karya Johan Bhimo Sukoco, dosen Ilmu Administrasi Negara di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Slamet Riyadi, Solo. Alamat e-mail penulis adalah johanbhimo@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO — Kementerian Riset Teknologi dan…