Kamis, 23 Juli 2009 11:09 WIB Haji,Internasional Share :

Negara-negara Arab larang Manula dan anak-anak berhaji

Kairo–Pemerintah negara-negara Arab melarang manusia lanjut usia (manula) dan anak-anak untuk menunaikan ibadah haji. Pelarangan ini untuk mencegah menyebarnya virus flu babi A-H1N1.

“Haji dan umrah akan berlangsung dalam beberapa syarat,” ujar juru bicara World Health Organization (WHO) Ibrahim Al Kerdani usai pertemuan para Menteri Kesehatan Negara-negara Arab seperti dilansir dari Saudi Gazette, Kamis (23/7).

Beberapa orang yang tidak boleh berhaji adalah orang yang berusia di atas 65 tahun, anak-anak di bawah 12 tahun, dan orang-orang dengan sakit yang kronis. Hal itu dilakukan karena 3 kelompok yang telah disebutkan itu rentan terkena serangan penyakit.

Keputusan yang diambil pada Rabu 22 Juli 2009 itu akan diratifikasi oleh para negara Arab.

Sementara Direktur Regional WHO untuk kawasan Mediterania Timur Hussein Gezairi memperkirakan Riyadh, Arab Saudi, akan meratifikasi rekomendasi yang sudah menjadi konsensus dalam pertemuan antar Menkes Negara Arab tersebut.

“Pemerintah Saudi akan membuat keputusan ini menjadi syarat. Tak ada yang bisa mendapatkan visa kecuali persyaratan dipenuhi,” ujar Gezairi.

Dan Menkes Arab Saudi Abdullah Al-Rabeah mengatakan pemerintahnya tak akan membatasi visa yang telah dikeluarkan untuk musim haji.

“Terserah negara masing-masing untuk menggantikan jamaah yang berhalangan dengan yang lain,” tegas Al-Rabeah.

Bagaimanapun juga, Arab Saudi sudah mengantisipasi kemungkinan yang akan terjadi.

“Kita menyimpan cukup vaksin anti-flu babi untuk musim haji,” imbuhnya.

Sementara beberapa pakar dari Al-Azhar mengatakan bahwa Pemerintah Mesir tidak seharusnya melarang warganya beribadah umrah dan haji.

dtc/fid

lowongan pekerjaan
DESIGN GRAFIS, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JL CPT Taft GT4x4’94,Body Kaleng,Ori,Asli KLATEN:081391294151 (A00593092017) DP Mura…
  • LOWONGAN CARI PTIMER 2-4 Jam/Hari Sbg Konsltn&SPV Bid.Kshtn All Bckgrnd Smua Jursn.Hub:0811.26…
  • RUMAH DIJUAL Jual TNH&BGN HM 200m2,LD:8m,Strategis,Makamhaji,H:08179455608 (A00280092017) RMH LT13…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Bangjo untuk Citra Kota Solo

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (19/9/2017). Esai ini karya Sugeng Riyanto, Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah ust.sugeng@gmail.com. Solopos.com, SOLO —┬áDalam rapat kerja Komisi III DPRD Kota Solo bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Kota…