Kamis, 23 Juli 2009 16:39 WIB Hukum Share :

Gugatan class action korban banjir dinyatakan sah

Solo (Espos)–Gugatan class action yang diajukan Solidaritas Korban Banjir Bantaran (SKoBB) terhadap Menko Kesra dan Walikota Solo dinyatakan sah oleh majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Solo, Kamis (23/7).

Dengan sahnya gugatan tersebut, maka persidangan kasus tersebut dapat dilanjutkan.

“Gugatan perkara ini sah dan diizinkan menggunakan class action,” ungkap ketua majelis hakim Yuhanis di persidangan.

Dalam penetapannya, majelis hakim belum membahas mengenai pokok perkara gugatan, namun membahas mengenai apakah gugatan tersebut dapat diajukan melalui proses class action atau tidak.

Majelis hakim menilai gugatan yang diajukan 13 orang yang mewakili 1.571 KK korban banjir dengan rumah rusak berat yang belum mendapatkan bantuan telah memenuhi gugatan perwakilan kelompok sesuai Peraturan MA (Perma) No 1 Tahun 2002.

Yuhanis menjelaskan, telah ada diskripsi yang jelas mengenai penggugat yaitu warga di tiga kelurahan di Jebres dan tiga kelurahan di Pasar Kliwon yang menjadi korban banjir Bengawan Solo dan belum mendapatkan bantuan.

dni

lowongan pekerjaan
Harian Umum SOLOPOS, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Ketika Uang Tunai Terpinggirkan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (16/10/2017). Esai ini karya Riwi Sumantyo, dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah riwi_s@yahoo.com. Solopos.com, SOLO — Perkembangan teknologi digital yang super cepat mengubah banyak hal, baik di…