Kamis, 23 Juli 2009 13:16 WIB News Share :

Dua anggota keluarga asal Surabaya tertular A-H1N1

Surabaya–Dua anggota keluarga asal Kota Surabaya, Jatim, tertular virus flu babi tipe A (A-H1N1) dari salah satu keluarganya yang baru pulang dari Singapura.

“Keduanya adalah bapak dan kakak dari pasien yang terjangkit flu babi di Singapura beberapa waktu lalu,” kata Wakil Direktur RSUD dr Soetomo, Surabaya, dr Urip Murtedjo, SpB, Kamis.

Menurut dia, kedua pasien yang masuk ke ruang isolasi khusus RSUD dr. Soetomo pada pukul 10.00 WIB itu, tidak hanya “suspect” (diduga), namun juga “confirm” atau teridentifikasi virus A-H1N1.

“Ini menunjukkan bahwa penularan flu babi itu sangat cepat. Bahkan, di dalam rumah pun bisa,” kata Urip mengingatkan.

Sementara itu, hingga saat ini jumlah pasien flu babi yang menjalani perawatan di ruang isolasi khusus RSUD dr. Soetomo sebanyak tujuh orang.

“Tadi malam delapan orang, setelah kami menerima seorang perempuan berusia 15 tahun dari Kraksaan, Probolinggo yang baru pulang dari berlibur di Bali. Kemudian malam itu juga tiga pasien pulang, sehingga tersisa lima. Hari ini kami menerima dua pasien baru lagi, jadi jumlahnya tujuh,” katanya memerinci.

Sementara itu, hingga saat ini RSUD dr. Soetomo telah menangani 22 pasien flu babi, tiga di antaranya dinyatakan positif.

“Kebanyakan setelah menjalani observasi di sini, para pasien dinyatakan sembuh dan hingga saat ini belum ada pasien flu babi yang berakhir dengan kematian,” kata Urip.
Ant/tya

lowongan pekerjaan
AYAM BAKAR KQ 5, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama-Sama Mengawasi APBD

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (8/12/2017). Esai ini karya Doddy Salman, mahasiswa S3 Kajian Budaya dan Media Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah doddy90@yahoo.com Solopos.com, SOLO–DPRD DKI Jakarta mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran…