News
Rabu, 22 Juli 2009 - 16:16 WIB

SBY teken SK Darmin jadi Deputi Gubernur Senior BI

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dikabarkan telah meneken keputusan presiden mengenai penetapan Darmin Nasution sebagai Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia.

“Tapi saya lupa tanggal persisnya,” kata Menteri Sekretaris Negara Hatta Rajasa, Selasa (21/7) malam.

Advertisement

Darmin Darmin terpilih secara aklamasi dalam seleksi yang diselenggarakan Komisi Keuangan dan Perbankan Dewan Perwakilan Rakyat pada 11 Mei 2009. Direktur Jenderal Pajak ini akan menggantikan Miranda Swaray Goeltom yang sekarang merangkap jabatan sebagai Pejabat Sementara Gubernur Bank Indonesia.

Setelah nama Menteri Keuangan Sri Mulyani yang semula dijagokan Presiden sebagai calon Gubernur Bank Indonesia menghilang dari peredaran, ramai digunjingkan dua nama sebagai calon gubernur bank sentral. Keduanya adalah Darmin sendiri dan Deputi Gubernur Bank Indonesia Hartadi Sarwono.

Dalam konferensi pers mengenai penerimaan pajak semester pertama Selasa siang, Darmin mengaku belum tahu kapan akan diambil sumpah sebagai Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia. Begitu pula saat ditanya perihal pengganti dirinya, Darmin enggan berkomentar banyak.

Advertisement

“Kita tunggu saja, saya tidak berwenang,” ucapnya.

Berdasarkan jadwal, jabatan Miranda akan berakhir pada 26 Juli mendatang, persis lima tahun setelah ia diambil sumpah pada 27 Juli 2004.

Darmin, 61 tahun, adalah Doktor Ekonomi dari Universitas Paris I, Sorbonne, Prancis. Sebelumnya menjabat Dirjen Pajak (2006), ia menjabat Ketua Badan Pengawas Pasar Modal (2005), Direktur Jenderal Lembaga Keuangan (2000), dan Ketua Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Universitas Indonesia (1989).

Advertisement

Tempointeraktif/fid

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif