Rabu, 22 Juli 2009 10:19 WIB News Share :

KPK periksa Mendagri soal kasus Damkar

Jakarta–Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan bagi Mendagri Mardiyanto, Rabu (22/7) ini. Ia diperiksa terkait kasus dugaan korupsi pengadaan mobil pemadam kebakaran di Jawa Tengah.

“Beliau diperiksa sebagai saksi bagi tersangka OSD,” kata Juru Bicara KPK Johan Budi SP.

Ini adalah pemeriksaan kali pertama bagi Mardiyanto. Agenda pemeriksaan kemungkinan besar untuk mengorek keterangan soal pengadaan mobil pemadam kebakaran saat ia menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah pada tahun 2002-2003.

“Jadwalnya pukul 09.30 WIB,” kata Johan.

Dalam kasus ini, beberapa kepala daerah sudah ada yang dinyatakan bersalah dan terbukti berbuat korupsi. Di antaranya adalah bekas Gubernur Jawa Barat Danny Setiawan, mantan Walikota Medan Abdillah dan wakilnya Ramli Loebis. Selain itu, mantan dirjen otonomi daerah Depdagri Oentarto Sindung Mawardi juga kini sudah menjadi tersangka.

Kasus ini berawal lewat radiogram dari Depdagri tentang pengadaan mobil pemadam kebakaran di seluruh daerah. Diduga terdapat penunjukkan langsung dan suap dalam proyek yang merugikan negara hingga ratusan miliar ini.

dtc/fid

lowongan pekerjaan
PT.ARUTAMA BUMI STILINDO, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama-Sama Mengawasi APBD

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (8/12/2017). Esai ini karya Doddy Salman, mahasiswa S3 Kajian Budaya dan Media Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah doddy90@yahoo.com Solopos.com, SOLO–DPRD DKI Jakarta mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran…