Rabu, 22 Juli 2009 18:37 WIB News Share :

Jateng kekurangan 2.000 penyuluh pertanian

Ungaran (Espos)–Komisi Penyuluhan Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan (KP3K) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) menyatakan terdapat kekurangan lebih dari 2.000 tenaga penyuluh di wilayah setempat guna peningkatan produktifitas petani dan produk-produk pertanian.

Hal itu diungkapkan Ketua KP3K Jateng, Gatot Aji Sutopo, di sela-sela kegiatan Koordinasi Penyuluh Pertanian se Jateng yang difasilitasi Badan Koordinasi Penyuluh (Bakorluh), Rabu (22/7), di Hortimart Agro Center, Bawen, Kabupaten Semarang.
Dikatakan dia, persoalan tersebut mengakibatkan tidak optimalnya kegiatan pertanian dan sektor-sektor pendukung di Provinsi Jateng.

“Mengenai jumlah, penyuluh di Jateng yang berstatus PNS diperkirakan ada 3.000 orang lebih, sedangkan yang merupakan tenaga kontrak sekitar 2.000-an orang. Jika dibandingkan jumlah desa di Jateng sebanyak 8.574 buah, angka itu masih jauh dari memadai karena terdapat kekurangan 2.000 orang lebih penyuluh,” ungkapnya ketika ditemui wartawan dalam kesempatan itu.

Gatot memaparkan, seperti diamanatkan Undang-undang (UU) Nomor 16 Tahun 2006 tentang Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan, setiap desa idealnya memiliki satu orang penyuluh.

Ditegaskan dia, hal itu penting guna menunjang pengembangan bidang-bidang terkait, termasuk komoditas-komoditas unggulan sesuai karakteristik di masing-masing daerah.

try

lowongan pekerjaan
PT. SUMBER JAYA BAN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JUAL DAIHATSU Terios’09 TX AD-Solo,NomerCantik,An/Sendiri,Istimewa,Harga Nego,Hub:08…
  • LOWONGAN CR SALES Konveksi,Wanita,Usia 24-38Th,Gaji Pokok+Uang Makan+Bensin+Bonus.Hub:DHM 082134235…
  • RUMAH DIJUAL DIJUAL RUMAH Sederhana,Jl,Perintis Kemerdekann No.50(Utara Ps.Kabangan)L:12×7 Hub:081…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Peringkat dan Mutu Perguruan Tinggi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (13/9/2017). Esai ini karya Johan Bhimo Sukoco, dosen Ilmu Administrasi Negara di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Slamet Riyadi, Solo. Alamat e-mail penulis adalah johanbhimo@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO — Kementerian Riset Teknologi dan…