News
Rabu, 22 Juli 2009 - 18:40 WIB

Depkes: Positif flu babi di Indonesia capai 239 orang

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Kasus positif flu babi di Indonesia terus bertambah. Data terkini Departemen Kesehatan (Depkes) menunjukkan jumlah orang yang terinfeksi virus A H1N1 itu mencapai 239 orang.

“Hari ini kasus positif influenza A H1N1 bertambah lagi 67 kasus. Dengan demikian, sampai tanggal 22 Juli 2009, secara kumulatif kasus positif influenza A H1N1 di Indonesia berjumlah 239 orang terdiri dari 132 laki-laki dan 107 perempuan,” demikian diterangkan Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Depkes, Tjandra Yoga Aditama, Rabu (22/7).

Advertisement

67 Kasus itu terdiri dari 46 laki-laki dan 21 perempuan. Mereka berasal dari RS/Dinkes DKI Jakarta 27 orang, RS/Dinkes Provinsi Banten 18 orang, RS/Dinkes Provinsi Jawa Timur 1 orang, dari RS/Dinkes Provinsi Bali 9 orang, dari RS/Dinkes Jawa Barat 9 orang, dari Provinsi Jawa Tengah 2 orang dan dari Provinsi Kepulauan Riau 1 orang. 16 Orang dari 67 kasus baru flu babi itu memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri.

Tjandra memastikan bahwa flu babi dapat ditularkan melalui kontak langsung dari manusia ke manusia lewat batuk, bersin, atau benda-benda yang pernah bersentuhan dengan penderita.

“Karena itu penyebarannya sangat cepat. Namun angka kematiannya sangat rendah yakni 0,4 persen,” papar Tjandra.

Advertisement

Dia pun mengimbau agar masyarakat tetap waspada hadapi pandemi Influenza A H1N1. Berperilaku hidup bersih dan sehat mempunyai andil besar untuk ikut mencegah penularan virus H1N1.

Sebelumnya Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari mengatakan Indonesia sudah KLB flu babi sejak 11 Juni 2009. Hal ini karena badan kesehatan dunia WHO telah mengumumkan flu babi pandemi level 6 di seluruh dunia.

dtc/fid

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Depkes Flu Babi Positif
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif