Soloraya
Selasa, 21 Juli 2009 - 19:48 WIB

Jumenengan PB XIII Tedjowulan berlangsung khidmat

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)–<I>Tingalandalem Jumenengan<I> kelima Pakubuwono (PB) XIII Tedjowulan, Selasa (21/7), berlangung khidmat, meski tanpa sajian tari bedaya ketawang. Ratusan orang kerabat dan abdi dalem keraton, termasuk 600 orang penerima gelar keraton memadati tempat digelarnya acara tersebut, Sasana Puranama Badran.

Di antara mereka, tampak pelawak senior, Yati Pesek yang kemarin mengenakan kebaya biru muda. Yati Pesek menerima gelar kanjeng mas ayu tumenggung (KMAT) Walitodiningrum dari PB XIII Tedjowulan lantaran dinilai telah memberikan sumbangsih untuk pelestarian dan pengembangan budaya Jawa.

Advertisement

“Saya kaget, karena <I>ditimbali<I> Sinuhun untuk mendapat gelar. Ya, karena saya pribadi tidak merasa memberi sumbangsih apa pun, yang jelas sebagai seniman ini <I>lah<I> tugas saya. Lagipula, mendapat gelar begini justru saya harus lebih hati-hati, bagaimana menjaga gelar dan tidak sombong karena mendapat gelar,” kata Yati Pesek, saat dimintai komentar soal gelar yang diporelahnya, di Badran, Selasa.

Yati sendiri mengaku, sekitar tahun 2003 pernah menerima gelar nyai mas tumenggung dari PB XII. Sedangkan, kali ini, gelar diberikan PB XIII Tedjowulan. “Saya tidak mempermasalahkan, yang jelas sebagai <I>wong cilik<I> yang menerima penghargaan, saya hanya merasa bangga. Ya, seperti <I>wong cilik<I> yang dipanggil Sinuhun-nya,” ujarnya.

Selain Yati, sejumlah tokoh budaya, kemarin, juga berkesempatan menerima gelar. Di antaranya Waljinah yang menyandang gelar KMAT Larasmadu, Ki Manteb Sudarsono dengan gelar KRH Lebdodiningrat, dan Ketua Komite Radya Pustaka Winarso Kalinggo yang menerima gelar KRH Kalenggo Honggopuro Hangganingrat.

Advertisement

Sayangnya, ketiga tokoh tersebut tidak hadir. Menurut Humas Keraton Surakarta PB XIII Tedjowulan, Bambang Pradotonagoro, Ki Manteb dan Waljinah tidak hadir lantaran sertifikat gelar telah diterimakan beberapa waktu lalu. Sedangkan, Winarso Kalinggo urung hadir karena sakit.
tsa

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Jumenengan Tedjowulan
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif