Senin, 20 Juli 2009 20:23 WIB Solo Share :

70 Kelompok meriahkan Parade Rebana

Solo (Espos)–Sedikitnya 70 kelompok rebana dari wilayah Soloraya mengikuti <I>Parade Rebana<I> yang digelar Senin (20/7) sore, dengan rute Mesjid Al Wustho Mangkunegaran lewat Jl Slamet Riyadi ke Kompleks Balaikota Solo.

Parade itu digelar untuk mengawali acara pengajian memperingati Isra Mikraj 2009 di Pendapi Gede Balaikota, Senin malam. Pengajian itu diisi oleh KH Abdul Karim Ahmad dan Ustad Habib Novel Al Idrus.

Pantauan <I>Espos<I>, parade diberangkatkan
oleh Walikota Solo, Joko Widodo, sekitar pukul 15.30 WIB, diawali dengan kelompok pembawa bendera Jamuro. Setelah itu, mengikuti di belakangnya adalah tiga buah kereta kencana yang mengangkut tamu kehormatan dan panitia. Baru kemudian, dilanjutkan dengan kelompok rebana dengan berbagai alunan nada musik dan lagu tentang kecintaan terhadap Nabi Muhammad SAW.

Di sepanjang rute yang dilalui, mulai dari Mesjid Al Wustho Mangkunegaran ke selatan, lalu ke timur melalui Jl Slamet Riyadi, dilanjut Jl Jend Sudirman dan berakhir di halaman Kompleks Balaikota Solo, tampak warga berkerumun untuk menonton. Tampak pula beberapa wisatawan asing yang penasaran ikut menonton.

Salah seorang panitia, HM Idris Sofawi, ditemui seusai parade di Balaikota, mengungkapkan, parade itu diselenggarakan oleh gabungan kelompok pengajian di Soloraya. “Ini merupakan acara perdana, karena itu mungkin kemasannya belum begitu bagus dan sistematis. Tapi kami berencana menyelenggarakan acara ini setiap tahun dengan kemasan yang lebih menarik,” ujar Idris.

Selain memperingati Isra Mikraj, Idris mengatakan, melalui parade rebana itu pihaknya juga ingin lebih memperkenalkan dan mengembangkan musik rebana. Sebab, biar bagaimanapun rebana merupakan bagian dari budaya Indonesia.
shs

lowongan pekerjaan
Editor,Setter,Ilustrator, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JL CPT Taft GT4x4’94,Body Kaleng,Ori,Asli KLATEN:081391294151 (A00593092017) “…
  • LOWONGAN CARI PTIMER 2-4 Jam/Hari Sbg Konsltn&SPV Bid.Kshtn All Bckgrnd Smua Jursn.Hub:0811.26…
  • RUMAH DIJUAL Jual TNH&BGN HM 200m2,LD:8m,Strategis,Makamhaji,H:08179455608 (A00280092017) RMH LT13…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Arsip dan Tertib Administrasi Desa

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (15/9/2017). Esai ini karya Romi Febriyanto Saputro yang menjabat sebagai Kepala Seksi Pembinaan Arsip dan Perpustakaan Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sragen. Alamat e-mail penulis adalah romifebri@gmail.com. Solopos.com, SOLO–UU No. 43/2007 tentang Kearsipan…