Minggu, 19 Juli 2009 14:11 WIB News Share :

Makam Sunan Ampel dipadati peziarah

Surabaya–Makam Sunan Ampel, salah satu wali sembilan, di Surabaya, dipadati para peziarah menjelang peringatan Isra Mikraj.

“Sudah menjadi tradisi, pada malam rajabiyah (malam Isra Mikraj), makam Sunan Ampel dipadati para peziarah, meskipun tidak ada acara khusus,” kata Husni, selaku pengurus Makam Sunan Ampel, Minggu (19/7).

Sampai saat ini, katanya, jumlah peziarah di makam sunan yang semasa kecilnya dikenal dengan nama Raden Rahmat itu sudah mencapai 2.000 orang.

“Padahal, biasanya jumlah peziarah di makam ini cuma sekitar 1.000 orang,” katanya, didampingi Sumarno, petugas penerimaan peziarah.

Para peziarah itu datang dari beberapa daerah di Jawa Timur, seperti Madura, Gresik, Lamongan, Tuban, dan beberapa daerah di Jawa Tengah, seperti Rembang dan Pati.

“Selain rombongan ziarah wali sanga (wali sembilan), peziarah juga ada yang datang secara pribadi, seperti dari Madura, Pasuruan, dan Malang,” katanya.

Lokasi makam Sunan Ampel tak jauh dari pusat kota dan mudah dituju dari arah mana pun, apalagi dari jalan akses Jembatan Surabaya-Madura (Suramadu).

Di dalam masjid Sunan Ampel terdapat sumur yang dibuat oleh sang sunan pada 1421 Masehi. Air dari sumur itu dapat dinikmati para peziarah melalui beberapa tempayan yang disediakan di depan posko informasi.

Para peziarah dapat singgah ke pusat jajanan khas Timur Tengah, seperti kurma, majun, nasi samin, roti maryam, dan sebagainya.

Selain hari-hari besar Islam, makam Sunan Ampel juga dipadati para peziarah setiap malam Jumat Legi dan bulan Ramadan.

ant/fid

lowongan pekerjaan
AYAM BAKAR KQ 5, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Musik untuk Palestina

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (12/12/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pendengar musik metal ala Timur Tengah. Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, bikin masalah lagi….