Kamis, 16 Juli 2009 11:27 WIB Solo Share :

Manohara terima gelar Keraton

Solo (Espos)--Model yang juga artis sinetron, Manohara Odelia Pinot bakal menerima gelar Kanjeng Mas Ayu Tumenggung (KMAT) dari Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Gelar KMAT untuk Manohara tersebut rencananya dianugerahkan bersama dengan lebih dari 75 penerima gelar lain dalam sebuah upacara di Bangsal Sidikoro, kompleks Keraton, Jumat (17/7).

Wakil Pengageng Sasana Wilapa Keraton Surakarta, KRA Winarno Kusumo, saat dihubungi Espos, Rabu (15/7) malam, mengatakan pemberian gelar bagi sejumlah kalangan itu merupakan agenda yang selalu dilakukan setiap tahun, bertepatan dengan jumenengan Paku Buwono (PB) XIII Hangabehi. Untuk tahun ini, Winarno menyebut ada 400-an orang yang menerima gelar, termasuk Manohara.

“Acara pemberian gelar, dilaksanakan dua kali. Untuk Kamis (16/7) gelar diberikan bagi para abdi dalem di Bangsal Smarakatha. Sedangkan untuk 75-100 penerima gelar yang secara tingkatan lebih tinggi, umumnya berasal dari kalangan kerabat dan tokoh-tokoh penting, termasuk Manohara, gelar tersebut akan diserahkan hari Jumat, di Bangsal Sidikoro,” papar KRA Winarno Kusumo.

Winarno menambahkan, selain Manohara, sejumlah tokoh lain dari Jakarta dan Malaysia juga akan hadir dalam penyerahan gelar tersebut. Para tokoh itu menerima gelar dari Keraton atas partisipasi di bidang yang digeluti masing-masing.

Sementara itu masih dalam rangkaian Jumenengan Dalem PB XIII Hangabehi, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) bekerja sama dengan Keraton Kasunanan Surakarta, Sabtu-Minggu (18-19/7), akan menggelar Festival Keraton Surakarta 2009 di Sitihinggil Kompleks Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Dimulai dengan upacara agung Tingalan Jumenengan Dalem Dinasti Mataram SISKS PB XIII pada Sabtu pukul 10.00 WIB sebagai acara inti, festival dilanjutkan malam harinya dengan konser karawitan, Bedaya Sukoharjo yang merupakan peninggalan PB IX, dan peragaan busana adat.

tsa

lowongan pekrjaan
PT.Bumi Makmur Santosa, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JUAL DAIHATSU Terios’09 TX AD-Solo,NomerCantik,An/Sendiri,Istimewa,Harga Nego,Hub:08…
  • LOWONGAN CR SALES Konveksi,Wanita,Usia 24-38Th,Gaji Pokok+Uang Makan+Bensin+Bonus.Hub:DHM 082134235…
  • RUMAH DIJUAL DIJUAL RUMAH Sederhana,Jl,Perintis Kemerdekann No.50(Utara Ps.Kabangan)L:12×7 Hub:081…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Peringkat dan Mutu Perguruan Tinggi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (13/9/2017). Esai ini karya Johan Bhimo Sukoco, dosen Ilmu Administrasi Negara di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Slamet Riyadi, Solo. Alamat e-mail penulis adalah johanbhimo@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO¬†— Kementerian Riset Teknologi dan…