Kamis, 16 Juli 2009 16:45 WIB Solo Share :

COP gelar aksi tuntut Pemkot selamatkan orangutan di TSTJ

Solo (Espos)–Lembaga pemerhati orangutan, Centre for Orangutan Protection (COP) mendesak Pemerintah Kota (Pemkot) Solo segera melakukan tindakan penyelamatan terhadap satu-satunya koleksi orangutan di Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ), yang kondisi maupun pemeliharaanya dinilai sangat buruk.

Desakan tersebut disampaikan COP dalam aksi unjuk rasa yang digelar di halaman Kompleks Balaikota Solo, Kamis (16/7). Aksi solidaritas untuk Toni, salah satu orangutan koleksi TSTJ yang mati dalam usia 70 tahun, Minggu (12/7) lalu itu diikuti sejumlah aktivis dan simpatisan COP dari Jakarta, Solo dan Yogyakarta.

Captivity Program Coordinator COP, Seto Wibowo, kepada wartawan di sela-sela aksi mengungkapkan, pihaknya sangat menyesalkan kematian orangutan koleksi TSTJ tersebut. Sebelum kematian Toni, Seto mengatakan, pihaknya sudah mengajukan sejumlah rekomendasi untuk menyelamatkan orangutan itu.
Rekomendasi itu didasarkan hasil observasi perilaku orangutan di lima kebun binatang besar di Jawa, yaitu Ragunan Jakarta, Kebun Binatang Surabaya, Gembiraloka Yogyakarta, Tamansari Bandung, dan TSTJ. Dari lima kebun binatang tersebut, kondisi orangutan TSTJ dinilai yang paling buruk.

Namun, kata Seto, rekomendasi itu ditolak oleh pihak pengelola dan sekarang, salah satu dari dua orangutan yang ada di TSTJ telah mati.

“Kami sangat menyesalkan kematian orangutan itu. Tapi yang menjadi perhatian kami sekarang adalah satu orangutan yang masih ada di Jurug, yang kondisinya tidak kalah buruknya dengan kondisi orangutan yang mati itu,” ujar Seto.

Seto menjelaskan, kondisi buruk itu meliputi kandang yang tidak layak karena terlalu sempit, kotor, dan tidak ada suplai air bersih yang terus menerus. Dengan kata lain, tidak ada yang bisa mengurangi depresi orangutan itu.

Ditanya langkah apa yang akan diambil untuk menyelamatkan orangutan koleksi TSTJ yang masih hidup, Walikota Solo, Joko Widodo mengatakan, pihaknya hanya bisa meminta Satgas TSTJ untuk lebih meningkatkan pengawasan. Selebihnya, harus menunggu revisi Perda tentang pengelolaan TSTJ.

shs

lowongan pekrjaan
TENAGA ADM KONVEKSI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JL CPT Taft GT4x4’94,Body Kaleng,Ori,Asli KLATEN:081391294151 (A00593092017) “…
  • LOWONGAN CARI PTIMER 2-4 Jam/Hari Sbg Konsltn&SPV Bid.Kshtn All Bckgrnd Smua Jursn.Hub:0811.26…
  • RUMAH DIJUAL Jual TNH&BGN HM 200m2,LD:8m,Strategis,Makamhaji,H:08179455608 (A00280092017) RMH LT13…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Peringkat dan Mutu Perguruan Tinggi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (13/9/2017). Esai ini karya Johan Bhimo Sukoco, dosen Ilmu Administrasi Negara di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Slamet Riyadi, Solo. Alamat e-mail penulis adalah johanbhimo@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO¬†— Kementerian Riset Teknologi dan…