Rabu, 15 Juli 2009 11:59 WIB News Share :

Menhub
Yang terpenting kepercayaan UE sudah pulih

Jakarta–4 Maskapai penerbangan nasional diperbolehkan terbang ke negara-negara Uni Eropa (UE). Yang paling penting, kredibilitas dan kepercayaan UE terhadap otoritas penerbangan RI sudah pulih.

Keputusan itu seiring dengan pencabutan larangan terbang oleh UE terhadap empat maskapai yakni Garuda Indonesia, Mandala Airlines, Airfast dan Premi Air.

“Dengan dicabutnya larangan terbang, maka yang penting adalah kredibilitas dan kepercayaan Uni Eropa kembali pulih,” kata Menteri Perhubungan Jusman Syafii Djamal saat konferensi pers di kantornya, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (15/7).

Menurut Jusman, untuk mengembalikan kepercayaan UE tidaklah mudah. Selama 2 tahun, 6 negara Uni Eropa mengerahkan 10 tenaga ahli untuk mengaudit kemampuan teknis dan kemampuan keselamatan maskapai penerbangan nasional. Selama itu pula, usaha maksimal diupayakan untuk memperoleh kembali kepercayaan Uni Eropa.

“Keputusan ini membuka jalan bagi penandatanganan¬† kerjasama dan kemitraan antara Deplu RI dan Komisi Eropa,” imbuh Jusman.

Selain keempat maskapai tersebut, maskapai lain dapat mengajukan sertifikasi ulang untuk memperoleh izin terbang ke organisasi penerbangan sipil Internasional (ICAO).

“Maka berikutnya, setiap maskapai kita melakukan resertifikasi. Tidak berarti penerbangan lain (selain keempat maskapai) tidak aman tetapi melakukan sertifikasi ulang sesuai dengan UU No 1/1999 tentang Penerbangan,” tegas Jusman.

dtc/fid

lowongan pekerjaan
CV MITRA RAJASA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Intelek Banal Kampus Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (9/12/2107). Esai ini karya Adi Putra Surya Wardhana, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah adiputra.48697@gmail.com. Solopos.com, SOLO¬†— Beberapa waktu lalu beberapa kawan yang menempuh…