Rabu, 15 Juli 2009 16:27 WIB Karanganyar Share :

IPAL DSSA belum sempurna, BLH beri tenggat waktu sepekan

Karanganyar (Espos)--Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Karanganyar memberi tenggat waktu sepekan kepada PT Dunia Setia Sandang Asli (DSSA), Palur, Jaten, untuk memperbaiki Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), terhitung sejak pekan ini.

Sebulan lalu tim dari BLH melakukan sidak ke PT DSSA. Hasil sidak, dikemukakan Kepala BLH Karanganyar, Drs Sandimin MM, air limbah perusahaan dari PT DSSA diduga mencemari lingkungan. Dari pantauan di lapangan Rabu (15/7), air limbah yang dihasilkan masih sama dengan sebulan sebelumnya. Kelemahan PT DSSA adalah masih keruhnya limbah cair dan mekanisme pengelolaan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3).

Kendati tidak beracun, tetapi cukup berbahaya karena mencemari lingkungan. Peringatan pernah diberikan BLH namun belum diindahkan oleh PT DSSA untuk segera menyempurnakan sistem IPAL.

“Terbukti saat kami mengambil sampel air, warnanya keruh, berbuih serta baunya yang menyengat tak sedap,” tutur Sandimin kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu.

Terakhir, lanjutnya, PT DSSA memakai chemical dari Multimex yang harganya lebih miring, tetapi zat warna cukup tinggi dan berakibat limbahnya keruh.

Didampingi Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian, Eko Budi Haryanto SH MHum, Sandimin menyampaikan, limbah pabrik yang memproduksi tekstil ini disinyalir mencemari lingkungan.

“Indikasinya, limbah yang dihasilkan dalam proses produksi tersebut ternyata berwarna, berbau dan berbuih,” tambah Eko.

haw

lowongan pekerjaan
Toko Cat Warna Abadi, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JL CPT Taft GT4x4’94,Body Kaleng,Ori,Asli KLATEN:081391294151 (A00593092017) DP Mura…
  • LOWONGAN CARI PTIMER 2-4 Jam/Hari Sbg Konsltn&SPV Bid.Kshtn All Bckgrnd Smua Jursn.Hub:0811.26…
  • RUMAH DIJUAL Jual TNH&BGN HM 200m2,LD:8m,Strategis,Makamhaji,H:08179455608 (A00280092017) RMH LT13…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Komunisme dan Logika Kita

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (23/9/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, seorang editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Mungkin kita pernah membaca pernyataan bahwa adanya kemiskinan dan ketimpangan ekonomi…