Rabu, 15 Juli 2009 11:44 WIB News Share :

GABTI prihatin ribuan toko buku tutup

Jakarta–Gabungan Toko Buku Indonesia (Gabti) prihatin dengan ribuan unit toko buku di Kabupaten/ Kota harus tutup karena tata niaga penjualan yang semrawut.

“Prihatin karena sekitar 2.000-an dari 4.600 unit toko buku di Kabupaten/ Kota selama 15 tahun terakhir ini harus tutup,” kata Ketua Umum Gabti Firdaus Oemar di Jakarta, Rabu (15/7).

Kondisi ini disebabkan penerbit buku yang langsung menawarkan buku ke sekolah-sekolah tanpa mematuhi Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) No.2/2008.

Permendiknas ini menggariskan penerbit tidak lagi memasok buku langsung ke konsumen, tapi buku harus dibeli di toko buku.

“Oknum penerbit yang selama ini bercokol di sekolah – sekolah dengan iming – iming pemotongan harga maupun isentif lain sehingga melanggar Permendiknas tersebut dan sering ditegur melalui Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi),” ujar Firdaus.

Sebenarnya Gabti telah mengantisipasi praktik tersebut dengan menandatangani memorandum kesepemahaman (Mou) dengan Ikapi disaksikan Mendiknas Bambang Sudibyo Mei 2008.

Mou itu disepakati penerbit harus membuka toko buku di kabupaten / kota dan masuk menjadi anggota Gabti.

“Sebenarnya Mou ini strategis bagi penerbit karena dengan membuka toko buku bisa menjual buku berbagai penerbit, jadi tidak hanya milik sendiri,”kata Firdaus yang juga Dewan Pertimbangan Ikapi.

Disinggung lesunya transaksi pembelian di toko buku juga akibat dana Bantuan Operasional Sekolah(BOS), dia menjelaskan, itu ulah dari kawan-kawan lama yang masih melakukan praktik melanggar Permendiknas dan Mou.

“Para guru tidak bisa disalahkan soal mekanisme dana BOS untuk pengadaan buku karena penerbit itu berulah diindikasikan karena ada jaminan oknum pejabat berwenang,” ujar Firdaus Oemar.

ant/fid

lowongan pekerjaan
Accounting, Adminidtrasi, Designer Graphis, Sopir, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL DP Murah, Angsuran Ringan! Nego sampai OKE! Yuni – 08562998806 (A00844092017) Terios…
  • LOWONGAN CARI PTIMER 2-4 Jam/Hari Sbg Konsltn&SPV Bid.Kshtn All Bckgrnd Smua Jursn.Hub:0811.26…
  • RUMAH DIJUAL Jual TNH&BGN HM 200m2,LD:8m,Strategis,Makamhaji,H:08179455608 (A00280092017) RMH STRG…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Sekolah Pagesangan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (22/9/2017). Esai ini karya Nur Fatah Abidin, mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Sejarah Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah ikbenfatah@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Minggu pagi (17/9) lalu Rumah Banjarsari di kawasan Monumen ’45 Banjarsari, Kota…