Selasa, 14 Juli 2009 17:22 WIB Solo Share :

Petugas sampah resah, Dewan desak TPS dikembalikan

Solo (Espos)–Komisi IV DPRD Kota Solo meminta kepada Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Solo agar mengembalikan proyek transfer depo sampah tahun 2007 yang gagal di Jl Untung Suropati, Palugunan, Kelurahan Kedung Lumbu, Pasar Kliwon, Solo.

Desakan itu disampaikan menyusul belasan petugas sampah di wilayah itu resah dengan adanya rencana pemindahan tempat pembuangan sementara (TPS) yang menempati bekas transfer depo sampah tersebut.
Persoalan itu mencuat saat Komisi IV DPRD Solo menggelar inspeksi mendadak (Sidak) ke lokasi dan berdialog langsung dengan petugas sampah setempat, Selasa (14/7).

Ketua Komisi IV DPRD Solo, Satryo Hadinagoro dalam kesempatan itu, mengungkapkan, pihaknya mendapatkan laporan dari warga bahwa TPS di Palugunan itu bakal dipindahkan ke lingkungan RW IV Kedung Lumbu yang berdekatan dengan Benteng Baluwarti. Setelah menerima laporan itu, ujarnya, Komisi IV segera melakukan Sidak untuk melihat alasan mendasar mengapa TPS itu harus dipindahkan.

“Ternyata TPS itu dulunya merupakan proyek transfer depo sampah dari DKP yang gagal pada tahun 2007 lalu. Dari keterangan petugas sampah dan warga setempat, TPS itu harus dikembalikan dalam kondisi semula, bukan dalam bentuk depo seperti itu. Kondisi seperti ini berdampak pada buruknya pengelolaan sampah di TPS itu, sehingga menganggu dan merugikan warga setempat,” tegasnya.

Sementara itu, salah seorang petugas sampah setempat, Singgih, 33, mengatakan, sebanyak 15 petugas sampah di Kedung Lumbu mengaku resah dan menolak jika TPS itu dipindahkan ke lokasi lain, karena jaraknya terlalu jauh.

trh

lowongan pekerjaan
CV MITRA RAJASA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama-Sama Mengawasi APBD

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (8/12/2017). Esai ini karya Doddy Salman, mahasiswa S3 Kajian Budaya dan Media Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah doddy90@yahoo.com Solopos.com, SOLO–DPRD DKI Jakarta mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran…