Selasa, 14 Juli 2009 11:20 WIB News Share :

Depkeu-Bappenas luncurkan pedoman reformasi penganggaran

Jakarta–Direktorat Jenderal (Ditjen) Anggaran Departemen Keuangan (Depkeu) dan Bappenas meluncurkan Buku Pedoman Reformasi Perencanaan dan Penganggaran yang akan menjadi acuan bagi seluruh kementerian/lembaga (K/L) dalam melaksanakan reformasi.

“Buku pedoman ini akan menjadi acuan reformasi perencanaan dan penganggaran bagi seluruh K/L sehingga langkah dan tahapannya lebih terstruktur, sistematis dan komprehensif,” kata Dirjen Anggaran Depkeu, Any Ratnawati saat peluncuran buku itu di Gedung Dhanapala Depkeu, Jakarta, Selasa (14/7).

Hadir dalam acara itu Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Paskah Suzetta, dan Deputi Pembiayaan Bappenas Lukita D. Tuwo.

Menurut Any, reformasi perencanaan dan penganggaran merupakan pelaksanaan amanat 3 UU Bidang Keuangan Negara dan UU tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.

Pada 2005, penerapan UU itu antara lain dengan menggabungkan dokumen anggaran rutin dan anggaran pembangunan.

“Daftar Isian Pelaksanaan (DIP) yang tadinya terpisah antara anggaran rutin dan pembangunan digabung menjadi satu yang saat ini dikenal dengan daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA),” katanya.

Menurut dia, pelaksanaan pedoman perencanaan dan penganggaran dapat mengatasi kelemahan sebelumnya yaitu kurang disiplin dalam perencanaan dan penganggaran, ketidaksinambungan fiskal khususnya anggaran pembangunan, kurangnya transparansi, dan masih lemahnya tingkat akuntabilitas.

ant/fid

lowongan pekerjaan
Kami Toko Cat Warna Abadi (WAWAWA), informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JUAL DAIHATSU Terios’09 TX AD-Solo,NomerCantik,An/Sendiri,Istimewa,Harga Nego,Hub:08…
  • LOWONGAN CR SALES Konveksi,Wanita,Usia 24-38Th,Gaji Pokok+Uang Makan+Bensin+Bonus.Hub:DHM 082134235…
  • RUMAH DIJUAL DIJUAL RUMAH Sederhana,Jl,Perintis Kemerdekann No.50(Utara Ps.Kabangan)L:12×7 Hub:081…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Peringkat dan Mutu Perguruan Tinggi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (13/9/2017). Esai ini karya Johan Bhimo Sukoco, dosen Ilmu Administrasi Negara di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Slamet Riyadi, Solo. Alamat e-mail penulis adalah johanbhimo@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO¬†— Kementerian Riset Teknologi dan…