Selasa, 14 Juli 2009 13:19 WIB News Share :

BPOM mewanti-wanti penggunaan kemasan plastik untuk makanan

Jakarta–Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mewanti-wanti penggunaan kemasan makanan dari bahan plastik. Berbagai kemasan itu yakni terbuat dari tas kresek, styrofoam, polivinil klorida (PVC), dan Polietelin (PE).

Beberapa makanan yang menggunakan plastik itu seperti mie instan, lunch box, kue tart dan kemasan sejumlah makanan yang digunakan pedagang kaki lima.

“Tidak ada yang melarang atas alasan kesehatan, tetapi berbagai negara melarang atas alasan lingkungan. Belum ada penelitian membahayakan manusia,” kata Kepala BPOM, Husniah Rubiana di kantornya, Jl Percetakan Negara, Jakarta Pusat, Selasa (14/7).

Hanya saja, berbagai kemasan plastik tersebut berbahaya saat untuk menyeduh makanan yang mengandung lemak, berminyak,  beralkohol dan bercampur dengan residu kimia tertentu. Hasilnya dapat membahayakan kesehatan seperti kanker.

“Tetapi hasil survei di lapangan, berbagai kemasan plastik tidak mengandung zat kimia itu. Jadi masih aman kalau minta kopi panas dikasih dengan gelas styrofoam,” jelasnya.

dtc/fid

LOWONGAN PEKERJAAN
FORTUNA STEEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Hantu Komunisme Masih Menakutkan Anda?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (4/12/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah eljeha@gmail.com. Solopos.com, SOLO–”Communism? Nyet… nyet… nyet…[Komunisme? Tidak… tidak… tidak…].” Begitulah komentar orang Rusia…