Selasa, 14 Juli 2009 13:17 WIB News Share :

Bawaslu akan panggil SBY

Jakarta–Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) berencana memanggil Capres Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk meminta klarifikasi dari laporan Tim Kampanye Megawati-Prabowo terkait tahapan pelaksanaan Pilpres 2009.

“Memang ada arah memanggil SBY. Tapi, informasi lebih lanjut belum bisa saya berikan, namun surat pemanggilan itu memang sudah saya lihat,” kata anggota Bawaslu Wahidah Suaib di Jakarta, Selasa (14/7).

Ia menyebutkan, Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri mempertanyakan kapasitas Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Presiden yang menggelar teleconference dengan sejumlah gubernur se-Indonesia menjelang pelaksanaan pilpres pada 7 Juli 2009.

Menurut PDI Perjuangan yang mengusung Megawati Soekarnoputri sebagai capres, seharusnya teleconference itu bisa dilakukan para gubernur dengan Mendagri, sebab SBY adalah sebagai satu capres, kata Wahidah mengutip laporan Tim Kampanye Megawati-Prabowo.

“Itu laporan dari pasangan capres/cawapres Megawati-Prabowo. Bawaslu hanya ingin minta keterangan SBY, apakah ada kewenangannya sebagai capres (SBY) untuk menggelar teleconference dengan para gubernur menjelang Pilpres itu,” kata Wahidah.

Susilo Bambang Yudhoyono yang juga Presiden RI, kembali mencalonkan diri sebagai capres berpasangan dengan Boediono (cawapres) dalam Pilpres 8 Juli 2009.

Ketika ditanya apakah Bawaslu yang akan datang ke Istana Negara untuk meminta klarifikasi terhadap SBY, ia menyatakan bahwa Bawaslu adalah lembaga negara.

“Artinya, Bawaslu punya hak memanggil, bukan mendatangi jika memang akan dilakukan klarifikasi terhadap laporan,” kata Wahidah yang juga Koordinator Pokja Pemungutan, Penghitungan dan Rekapitulasi suara Pilpres.

Sementara itu, informasi yang dihimpun menyebutkan kemungkinan Capres SBY akan datang ke Bawaslu pada Rabu (15/7) sekitar pukul 10:00 WIB.

ant/fid

lowongan pekerjaan
PT.ARUTAMA BUMI STILINDO, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Intelek Banal Kampus Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (9/12/2107). Esai ini karya Adi Putra Surya Wardhana, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah adiputra.48697@gmail.com. Solopos.com, SOLO¬†— Beberapa waktu lalu beberapa kawan yang menempuh…