News
Selasa, 14 Juli 2009 - 13:17 WIB

Bawaslu akan panggil SBY

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) berencana memanggil Capres Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk meminta klarifikasi dari laporan Tim Kampanye Megawati-Prabowo terkait tahapan pelaksanaan Pilpres 2009.

“Memang ada arah memanggil SBY. Tapi, informasi lebih lanjut belum bisa saya berikan, namun surat pemanggilan itu memang sudah saya lihat,” kata anggota Bawaslu Wahidah Suaib di Jakarta, Selasa (14/7).

Advertisement

Ia menyebutkan, Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri mempertanyakan kapasitas Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Presiden yang menggelar teleconference dengan sejumlah gubernur se-Indonesia menjelang pelaksanaan pilpres pada 7 Juli 2009.

Menurut PDI Perjuangan yang mengusung Megawati Soekarnoputri sebagai capres, seharusnya teleconference itu bisa dilakukan para gubernur dengan Mendagri, sebab SBY adalah sebagai satu capres, kata Wahidah mengutip laporan Tim Kampanye Megawati-Prabowo.

“Itu laporan dari pasangan capres/cawapres Megawati-Prabowo. Bawaslu hanya ingin minta keterangan SBY, apakah ada kewenangannya sebagai capres (SBY) untuk menggelar teleconference dengan para gubernur menjelang Pilpres itu,” kata Wahidah.

Advertisement

Susilo Bambang Yudhoyono yang juga Presiden RI, kembali mencalonkan diri sebagai capres berpasangan dengan Boediono (cawapres) dalam Pilpres 8 Juli 2009.

Ketika ditanya apakah Bawaslu yang akan datang ke Istana Negara untuk meminta klarifikasi terhadap SBY, ia menyatakan bahwa Bawaslu adalah lembaga negara.

“Artinya, Bawaslu punya hak memanggil, bukan mendatangi jika memang akan dilakukan klarifikasi terhadap laporan,” kata Wahidah yang juga Koordinator Pokja Pemungutan, Penghitungan dan Rekapitulasi suara Pilpres.

Advertisement

Sementara itu, informasi yang dihimpun menyebutkan kemungkinan Capres SBY akan datang ke Bawaslu pada Rabu (15/7) sekitar pukul 10:00 WIB.

ant/fid

Advertisement
Kata Kunci : Bawaslu Panggil SBY
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif