Senin, 13 Juli 2009 12:20 WIB Internasional Share :

PM Jepang bubarkan parlemen

Tokyo–Perdana Menteri Jepang Taro Aso telah memutuskan untuk membubarkan parlemen dan menetapkan tanggal penyelenggaraan pemilihan umum. Televisi nasional Jepang, NHK, melaporkan parlemen akan dibubarkan pekan depan dan pemilihan umum akan digelar pada 30 Agustus.

Laporan ini mengemuka Senin (13/7) setelah Partai Demokrat Liberal pimpinan Taro Aso mengalami kekalahan besar dalam pemilihan lokal di Tokyo.  Partai Demokrat Liberal dan koalisinya, Partai Komeito Baru, mengalami kekalahan mayoritas di Majelis Metropolitan Tokyo.

Pemilihan parlemen lokal dipandang secara luas sebagai barometer bagi pemilihan umum nasional mendatang. Partai oposisi utama, Partai Demokrat Jepang, meraih kemenangan besar dalam pemilihan di Tokyo.

Kompas/fid

LOWONGAN PEKERJAAN
SUMBER BARU LAND, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Elite Oligarki dalam Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (6/12/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Dari manakah asal elite politik Indonesia pascareformasi ini? Sejak awal masa reformasi elite…