Senin, 13 Juli 2009 12:13 WIB Ekonomi Share :

Perusahaan patungan Pemprov NTB beli Newmont

Jakarta–Perusahaan patungan antara perusahaan daerah milik pemprov NTB dan anak usaha Bumi Resources yaitu Multicapital, akan membeli 10 persen saham Newmont Nusa Tenggara senilai Rp 4,1 triliun atau US$391 juta. Nilai ini sesuai dengan kesepakatan harga untuk 3 persen saham divestasi 2006 dan 7 persen divestasi 2007.

“Ya, sekitar Rp 4,1 triliun atau US$391 juta. Itu harga saham yang sudah disepakati pemerintah dengan Newmont,” kata Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Nusa Tenggara Barat Heriadi Rahmat, Senin (13/7).

Seperti diketahui, hasil putusan abitrase menyebutkan 3 persen saham Newmont pada tahun 2006 dan tujuh persen saham Newmont pada tahun 2007 akan dibeli pemerintah daerah. Selain itu, telah disepakati pula divestasi 3 persen saham 2006 senilai US$109 juta, 7 persen saham 2007 senilai US$282 juta.

Adapun pembagian 10 persen saham kepemilikan saham tersebut terdiri dari 4 persen dimiliki Provinsi NTB, 4 persen dimiliki Kabupaten Sumbawa Barat dan 2 persen lagi menjadi milik Kabupaten Sumbawa.

Pemda NTB juga telah membentuk PT Daerah Maju Bersaing yang akan mengelola 10 persen saham divestasi Newmont. PT Daerah Maju Bersaing inilah yang akan membentuk perusahaan patungan dengan Multicapital.

“Rencananya 2 minggu setelah tandatangan, perusahaan konsorsium akan terbentuk,” katanya.

Dalam perusahaan patungan tersebut, Multicapital akan memiliki 75 persen saham dan sisa 25 persennya akan dimiliki PT Daerah Maju Bersaing.

dtc/fid

LOWONGAN PEKERJAAN
PT. SEMBADA AGUNG PRATAMA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Elite Oligarki dalam Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (6/12/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Dari manakah asal elite politik Indonesia pascareformasi ini? Sejak awal masa reformasi elite…