Senin, 13 Juli 2009 13:51 WIB Ekonomi Share :

Pertamina akan tender 7 juta tabung elpiji

Jakarta--PT Pertamina (Persero) akan menenderkan pengadaan tabung elpiji kemasan tiga kg sebanyak tujuh juta unit pada pekan ini.

Juru bicara Pertamina Basuki Trikora Putra di Jakarta, Senin (13/7) mengungkapkan, saat ini, pihaknya masih melakukan persiapan tender.

“Kami akan tender lagi pada pekan ini,” katanya.

Menurut dia, selain tabung, Pertamina juga menenderkan kran sebanyak tujuh juta unit, lima juta kompor, dan lima juta regulator termasuk selang.

Sebelumnya, Kepala Gas Domestik Pertamina Wahyudin Akbar mengatakan, pihaknya akan menghabiskan stok tabung sebanyak delapan juta unit yang masih tersimpan di gudang, sebelum melakukan tender.

Pertamina, lanjutnya, juga mempertimbangkan daya serap masyarakat mengisi ulang tabung yang masih rendah yakni hanya 40 persen dari tabung yang dibagikan setiap bulannya.

Sepanjang 2009, Pertamina membutuhkan tabung antara 33 juta sampai 40 juta unit.

Sementara, pengadaan tabung yang telah dilakukan sampai saat ini baru 22 juta, sehingga masih kurang 11 juta sampai 18 juta tabung lagi.

Pertamina merencanakan, kekurangan tabung tersebut akan dilakukan dalam dua kali tender yakni Juli dan Oktober 2009.

Pemerintah sudah menetapkan harga tabung tiga kg yang baru yakni sebesar Rp 108.863 per unit atau turun dari sebelumnya Rp 127.081 per unit.

ant/fid

lowongan pekerjaan
ADMINISTRASI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Elite Oligarki dalam Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (6/12/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Dari manakah asal elite politik Indonesia pascareformasi ini? Sejak awal masa reformasi elite…