News
Senin, 13 Juli 2009 - 15:44 WIB

Biaya RSBI mahal, Wawali minta orangtua menyadari

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)–Wakil Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo meminta orangtua menyadari besarnya biaya untuk menyekolahkan anaknya di Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI). Menurutnya, hal itu sesuai dengan tuntutan kebutuhan sekolah.

Hal itu diungkapkan Rudi seusai Upacara Pembukaan Masa Orientasi Sekolah (MOS) di SMAN 5 Solo, Senin (13/7). Dalam kesempatan itu, Rudi mengatakan RSBI merupakan anjuran dari pemerintah pusat.

Advertisement

Akan tetapi, pemerintah pusat belum mampu membiayai sepenuhnya semua kebutuhan yang disesuaikan dengan standar sekolah internasional. Ia meminta orangtua yang menyekolahkan anaknya di RSBI menyadari bahwa biaya itu sudah disesuaikan dengan tuntutan kebutuhan itu sekolah.

“Kalau merasa tidak mampu yang jangan dipaksakan memasukkan anaknya di RSBI. Mestinya, orangtua harusnya sudah mempunyai pandangan, pertimbangan, maupun persiapan sebelum mendaftarkan anaknya di RSBI. Jangan sampai orangtua punya pemikiran bahwa biaya akan sepenuhnya akan ditanggung pemerintah,” tandasnya.

Lebih lanjut, ia meminta pihak pengelola RSBI untuk memberikan tranparansi kepada semua orangtua tentang kebutuhan-kebutuhan yang mesti dipenuhi. Menurutnya, dengan tranparansi bisa membuat orangtua lebih memahami dengan biaya yang mesti ditanggung orangtua.

Advertisement

Ditemui di tempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora), Drs H Amsori SH MPd mengatakan pihaknya sudah menyampaikan surat edaran (SE) kepada semua pihak sekolah bahwa besar-kecilnya biaya bukan menjadi parameter seorang siswa diterima di sekolah tertentu. Ia juga meminta kepada pihak sekolah bisa menyampaikan tentang pembiayaan sekolah.

m82

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif