News
Senin, 13 Juli 2009 - 13:31 WIB

Agung: Posisi Golkar sebaiknya tak berubah

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Wakil Ketua Umum Partai Golkar Agung Laksono menilai posisi yang paling tepat untuk partainya dimasa mendatang adalah seperti saat ini, yakni mendukung pemerintah tetapi tetap terbuka ruang bagi kritik dan koreksi Golkar terhadap pemerintah.

“Apa yang dilakukan (Golkar) sekarang ini sudah pas,” ujar Agung dalam konferensi persnya di ruang wartawan DPR di Jakarta, Senin (13/7).

Advertisement

Agung menjelaskan bahwa sejak Munas Golkar di Bali beberapa tahun silam hingga saat ini, masih belum ada perubahan atas posisi partai berlambang beringin itu yakni mendukung pemerintah dengan tetap menjaga kekritisan dan koreksi apabila tidak sesuai dengan kehendak rakyat atau undang-undang.

Jadi, Agung menambahkan, menjadi pendukung pemerintah bukan berarti pula memberi dukungan bagi setiap kebijakan yang diambil pemerintah secara membabi buta.

Sementara dengan adanya ruang bagi kritik dan koreksi atas jalannya pemerintahan, maka akan tercipta sistem check and balances antara eksekutif dan legislatif yang semakin kondusif.

Advertisement

Ketika ditanya tentang nasib koalisi besar yang akan dirajut diantara sejumlah partai oposisi, seperti PDIP dan Gerindra, Agung mengatakan bahwa untuk itu perlu dilakukan evaluasi berdasarkan perkembangan politik terakhir.

“Kalau kemarin itu ada dinamika, itu semua karena adanya kontestasi pilpres antara SBY dan Jusuf Kalla,” ujarnya.

Sementara itu mengenai rencana Munaslub Golkar, Agung yang kini masih menjabat Ketua DPR menjelaskan, agenda kegiatan itu adalah konsolidasi internal partainya.

Advertisement

Dikatakannya bahwa kegiatan konsolidasi itu rutin dilakukan setelah pemilu usai dan sifatnya dari bawah ke atas, yakni DPD-DPD menggelar musyawarah daerah (musda) terlebih dahulu sebelum ditutup dengan musyawarah nasional (munas).

Tapi untuk sekarang ini, menurut dia, ada keinginan dari sebagian kader Golkar agar polanya diubah menjadi top down yakni Munas Golkar diselenggarakan lebih dahulu baru kemudian musda-musda.

ant/fid

Advertisement
Kata Kunci : Golkar Tak Berubah
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif