Sabtu, 11 Juli 2009 19:48 WIB Karanganyar Share :

Tukang pijat tipu warga, puluhan juta melayang

Karanganyar (Espos)–Puluhan warga Matesih dan sekitarnya, belum lama ini tertipu aksi dukun palsu yang berkedok sebagai tukang pijit.

Dalam aksinya, dukun palsu yang diketahui bernama Anis Hamid, 38, asal Kalimantan itu, menakut-nakuti pasien yang dipijatnya dengan cerita-cerita tentang sumber sakit yang dialami warga.

Dia kerap menganalisa sakit yang diderita warga akibat diguna-guna orang lain yang tidak suka padanya. Selain menyebabkan sakit dan seret rezeki, jika tidak segera ditangani akan dapat menyebabkan kematian.

Karena itulah warga merasa takut dan kemudian meminta solusi supaya selamat. Warga yang masuk perangkap Anis itu lantas diminta menyiapkan uang dalam jumlah tertentu, bahkan ada yang hingga Rp 50 juta.

“Katanya uang yang diminta itu akan dibawanya selama sepekan untuk didoakan supaya aman. Lewat media uang itu, warga juga akan disembuhkan dari sakitnya,” terang Basirun, 43, warga Dawung, Matesih, saat ditemui Espos di rumahnya, Sabtu (11/7).

Menurut dia, selain salah seorang saudaranya, sudah banyak warga sekitar yang menjadi korban aksi muslihat dari Anis. Selain sejumlah warga Dawung yang menjadi korban hingga puluhan juta, ada juga warga Ngadiluwih dan juga Nangsri, Kebakkramat, yang tertipu hingga Rp 25 juta.

“Kami hanya mengenali Anis sebagai pendatang, yang menumpang tinggal di rumah warga di Dusun Ngasinan RT 03/RW XI, Karangbangun, Matesih. Sejak dua tahun terakhir dia menjadi tukang pijit. Ternyata setiap kali ada pasien, selalu ditakut-takuti dengan cerita tentang guna-guna tadi,” terangnya.

Jika pasiennya adalah seseorang yang memiliki usaha atau bisnis besar, kata dia, Anis tidak segan-segan meminta uang antara Rp 20 juta hingga Rp 50 juta.
“Katanya, uang itu akan didzikiri olehnya. Sepekan kemudian boleh diambil pemiliknya. Namun seringnya uang itu hanya kembali sepertiganya. Kadang juga tidak kembali sepenuhnya. Warga pun mulai curiga dan merasa telah ditipu mentah-mentah karena sejak Maret lalu, Anis sudah menghilang,” tambahnya.

dsp

lowongan pekerjaan
PT. SARANA SURAKARTA VENTURA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JUAL DAIHATSU Terios’09 TX AD-Solo,NomerCantik,An/Sendiri,Istimewa,Harga Nego,Hub:08…
  • LOWONGAN CR SALES Konveksi,Wanita,Usia 24-38Th,Gaji Pokok+Uang Makan+Bensin+Bonus.Hub:DHM 082134235…
  • RUMAH DIJUAL DIJUAL RUMAH Sederhana,Jl,Perintis Kemerdekann No.50(Utara Ps.Kabangan)L:12×7 Hub:081…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Peringkat dan Mutu Perguruan Tinggi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (13/9/2017). Esai ini karya Johan Bhimo Sukoco, dosen Ilmu Administrasi Negara di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Slamet Riyadi, Solo. Alamat e-mail penulis adalah johanbhimo@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO — Kementerian Riset Teknologi dan…