Jumat, 10 Juli 2009 17:41 WIB News Share :

Jaringan irigasi dari WKO ditutup hingga akhir Agustus

Grobogan (Espos)–Aliran air dari Waduk Kedungombo (WKO) yang melalui jaringan irigasi Bendung Sidorejo, ditutup hingga akhir Agustus mendatang. Penutupan ini terkait pemeliharaan jaringan yang dilakukan Balai Besar Wilayah Pemali Juwana.

“Untuk masalah penutupan jaringan irigasi memang itu sepenuhnya kewenangan Balai Besar Wilayah Pemlai Juwana. Dinas Pengairan Kabupaten Grobogan hanya sebatas menginformasikannya dan itu sudah sepengetahuan petani pengguna air,” papar Kepala Dinas Pengairan Kabupaten Grobogan Ir Rudi Atmoko didampingi Kabid Irigasi Subiyono ST kepada wartawan, Jumat (10/7).

Menurut Rudi, penutupan jaringan irigasi dari WKO tersebut memang memilih waktu yang tepat. Yakni antara Juli-Agustus, di mana petani saat ini sedang menanam palawija sehingga tidak membutuhkan air dalam jumlah besar.

“Penutupan jaringan irigasi dari WKO untuk kepentingan pemeliharaan jaringan memang setiap tahunnya dilakukan. Sehingga petani sudah mengetahuinya,” terang Rudi.

Sementara menurut Kabid Irigasi Subiyono, memang penutupan jaringan ini tidak mempengaruhi petani, namun pasokan air ke Bendung Sidorejo, Sedadi dan Klambu akan berkurang.

Selama ini, lanjutnya, jaringan irigasi dari WKO melalui Bendung Sidorejo (BSR) mampui mengairi areal pertanian seluas 6.300 hektare. Luasan areal pertanian tersebut berada di Kecamatan Toroh, Purwodadi dan Geyer.

Sedang Bendung Sedadi, yang juga mengandalkan pasokan airnya dari WKO, tambah Subiyono, mampu mengairi areal pertanian seluar 8.000 hektare di wilayah Kecamatan Penawangan, Karangrayung dan Godong. Kemudian untuk bendung Klambu, mengairi 800 hektare areal pertanian di Kecamatan Klambu dan sekitarnya.

rif

lowongan pekerjaan
ADMINISTRASI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Intelek Banal Kampus Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (9/12/2107). Esai ini karya Adi Putra Surya Wardhana, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah adiputra.48697@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Beberapa waktu lalu beberapa kawan yang menempuh…