Kamis, 9 Juli 2009 17:01 WIB Ekonomi Share :

Triwulan II 2009, kegiatan usaha Soloraya meningkat

Solo (Espos)–Kegiatan dunia usaha di wilayah Soloraya pada triwulan II tahun 2009 menunjukkan adanya peningkatan atau ekspansi setelah pada triwulan sebelumnya mengalami kontraksi. Hal itu ditunjukkan dari nilai saldo bersih tertimbang (SBT) sebesar 12,35% atau lebih tinggi dibandingkan triwulan I sebesar 12,16%.

Fakta tersebut merupakan hasil survey kegiatan dunia usaha (SKDU) yang dilakukan Bank Indonesia (BI) Solo bekerja sama dengan Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

“Berdasarkan hasil SKDU, menurut responden dunia usaha, faktor utama yang mendukung peningkatan kegiatan usahanya terutama diakibatkan meningkatnya kondisi ekonomi dalam negeri yang sejalan dengan mulai membaiknya daya beli konsumen. Selain itu, adanya masa panen raya, faktor musiman memasuki liburan sekolah, kondisi sosial politik yang stabil menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) dan situasi bisnis yang membaik, mendorong perkembangan usaha selama periode triwulan II itu,” ujar Deputi Pemimpin Kantor BI Solo, Suryono kepada wartawan, Kamis (9/7).

Suryono menjelaskan faktor ekonomi pada triwulan II 2009 mengalami peningkatan atau ekspansi usaha walaupun beberapa sektor ekonomi peningkatannya relatif rendah, seperti sektor industri pengolahan dan sektor jasa yang masing-masing meningkat sebesar SBT 0,07% dan SBT 0,22%.

“Masih rendahnya peningkatan usaha pada sektor industri pengolahan yang merupakan salah satu kontributor utama dalam perekonomian wilayah Soloraya mengakibatkan peningkatan kegiatan usaha secara keseluruhan menjadi terhambat,” terangnya.

Apabila dilihat lebih mendalam, menurut Suryono, tidak semua subsektor dalam sektor industri pengolahan tersebut mengalami perlambatan atau kontraksi, subsektor industri tekstil terlihat menunjukkan peningkatan kegiatan usaha yang cukup signifikan sebesar SBT 2,27% atau lebih tinggi dibandingkan triwulan sebelumnya sebesar SBT -1,14%. Peningkatan subsektor tekstil ini terutama mendukung meningkatnya permintaan dalam negeri dan permintaan eskpor tekstil atau tekstil dan produk tekstil (TPT).

sry

lowongan pekerjaan
ADMINISTRASI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama-Sama Mengawasi APBD

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (8/12/2017). Esai ini karya Doddy Salman, mahasiswa S3 Kajian Budaya dan Media Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah doddy90@yahoo.com Solopos.com, SOLO–DPRD DKI Jakarta mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran…