Soloraya
Kamis, 9 Juli 2009 - 15:14 WIB

166 Warga terserang DBD

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Karanganyar (Espos)–Perubahan musim akibat pengaruh global warming tahun ini telah mengakibatkan adanya pergeseran puncak serangan penyakit demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Karanganyar.

Jika biasanya puncak serangan DBD terjadi pada bulan Maret, pada tahun ini bergeser pada bulan April dan Mei.

Advertisement

Berdasarkan data yang dihimpun Espos dari Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar, Kamis (9/7), serangan DBD selama kurun waktu dua bulan itu cukup tinggi dibandingkan bulan-bulan sebelumnya atau pun sesudahnya. Pada bulan April saja tercatat jumlah penderita DBD mencapai 36 orang dan meningkat menjadi 37 orang pada bulan Mei.

“Untuk bulan Juni angkanya turun menjadi 23 kasus. Sebelum April, jumlah kasus DBD di Karanganyar juga jauh lebih sedikit dibandingkan selama bulan tersebut,” terang Kabid Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar, Fatkul Munir, saat ditemui Espos di kantornya, Kamis (9/7).

Namun pada bulan Juni itu, dari 23 kasus yang ditemukan, salah satunya telanjur menelan korban jiwa. Seorang bocah berumur 10 tahun asal Wonorejo, Gondangrejo, dilaporkan meninggal dunia karena terserang DBD dalam fase yang sudah parah.

Advertisement

Memasuki pekan kedua Juli ini, di wilayah Gondangrejo juga terdapat seorang penderita DBD. Selain itu, dua orang di Jaten dan dua orang lagi di Colomadu, dengan usia korban paling muda 7 tahun dan tertua 40 tahun. Pekan lalu, jumlahnya bahkan mencapai 11 orang yang tersebar di sejumlah daerah.

Sementara sejak Januari hingga awal Juli ini, lanjut Munir, pihaknya mencatat sebanyak 166 kasus DBD di wilayah Kabupaten Karanganyar. Dari 17 kecamatan yang ada, hanya tiga kecamatan yang bebas dari DBD yakni Jatiyoso, Tawangmangu dan Karangpandan.

dsp

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : DBD Warga
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif