News
Kamis, 9 Juli 2009 - 16:48 WIB

14 Mahasiswa ITB Joki SNMPTN terancam dikeluarkan

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Bandung–Sebanyak 14 orang mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) yang diduga terlibat dalam praktek perjokian SNMPTN di Makasar, Sulawesi Selatan terancam dikeluarkan oleh pihak akademik ITB.

“Pelanggaran ini sangat super serius. Sanksi kepada mereka setinggi-tingginya dikeluarkan dari ITB,” tegas  Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan ALumni ITB, Widyo Nugroho Sulasdi kepada wartawan  di Gedung Rektorat ITB Jalan Taman Sari Bandung, Kamis.

Advertisement

Perjokian yang dilakukan  14 mahasiswa ITB di Makasar itu melakukan pelanggaran yang berat terhadap dua skala, yaitu skala ITB dan skala Nasional.

“Skala ITB merusak asas, sifat dan tujuan ITB sementara skala nasional adalah merusak tujuan pendidikan nasional melalui pengrusakan secara sadar terhadap SNMPTN,” ucapnya.

Ke-14 mahasiswa ITB itu berinisial Fa, Wi, Zu, Al, Ap, Le, Fr, Zi, Ik, An, Ro, Nu, Ek dan An.

Advertisement

Dari hasil investigasi akademik ITB, ke 14 mahasiswa tersebut tidak ingin dikeluarkan oleh pihak ITB. Namun, akan digelar sidang terlebih dahulu untuk yang akan digelar tanggal 17 Juli 2009 sebanyak sembilan orang.

Kepada sembilan orang mahasiswa yang sudah ditemukan oleh tim investigasi akan segera disidang untuk memastikan tingkat kesalahan.

Sementara itu dari 14 Mahasiswa tersebut, satu diantaranya adalah pemenang olimpiade Kimia, yaitu, Ik.

Advertisement

Satu orang yaitu Ik, ketika SMA nya pernah menjadi juara ke 7 se nasional olimpiade Kimia.

Selain itu, ucap Widyo, dirinya juga adalah Mahasiswa yang berprestasi di ITB. Namun, pihaknya tidak mengetahui kenapa orang secerdas dia ikut menjadi Joki dalam pelaksanaan SMNPTN.

“IP dia pada tahun ini adalah 3,81 hal itu menunjukan bahwa dirinya adalah mahasiswa yang berprestasi, namun otak kirinya pintar tetapi otak kanannya tidak dipakai maka jadi tidak jujur,” katanya.
Ant/tya

Advertisement
Kata Kunci : Itb Joki
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif