Rabu, 8 Juli 2009 13:37 WIB Karanganyar Share :

Sejumlah TPS di Karanganyar penuh nuansa kejawen

Karanganyar (Espos)—Sejumlah TPS di Karanganyar penuh nuansa kejawen. Para petugas di TPS tersebut menggunakan pakaian adat Jawa lengkap. Bahkan dekorasi TPS didesain mirip dengan desain acara pengantin. Seperti di TPS 2 Cerbonan RT 3 RW 2 Karanganyar, tempat Bupati Rina Iriani menggunakan hak pilihnya.

Rina datang ke TPS tersebut pada pukul 08.30 WIB dengan ditemani suami, Toni Haryono. Tiba di TPS, Bupati disambut dengan sajian Tari Gambyong Pareanom yang dibawakan oleh salah satu anggota Panwascam setempat.

Di TPS tersebut tercatat ada 379 DPT yang tercatat. Namun di saat pengecekan ditemukan satu orang anggota Polri yang tercatat dalam DPT yang langsung dicoret oleh petugas.

Seusai memberikan suara, Rina didampingi sejumlah pejabat Muspida melakukan sidak ke sejumlah TPS antara lain di TPS 1 Gajahan, Colomadu, TPS 2 Paulan, Colomadu dan dilanjutkan ke TPS Waru, Kebakkeramat, TPS Plesungan, Gondangrejo dan TPS Daum, Tasikmadu. Semua TPS yang dikunjungi Bupati juga bernuansa kejawen, lengkap dengan iringan musik karawitan (klenengan) bahkan ada yang memasang kembar mayang.

Di sisi lain, pemungutan suara Pilpres di Karanganyar diwarnai sedikit insiden di TPS 11 dan 12 Selp Katon, Gondangrejo. Di 2 TPS tersebut petugas mendapati sebanyak 19 pemilih yang memiliki undangan C4 dobel atau 2 lembar. Semula mereka akan nekat menggunakan hak pilih dua kali. Namun usaha mereka berhasil dicegah petugas dan undangan dobel tersebut berhasil diamankan.
dsp

lowongan pekerjaan
PT ANDALAN FINANCE INDONESIA (Nasmoco Group), informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama-Sama Mengawasi APBD

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (8/12/2017). Esai ini karya Doddy Salman, mahasiswa S3 Kajian Budaya dan Media Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah doddy90@yahoo.com Solopos.com, SOLO–DPRD DKI Jakarta mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran…