Rabu, 8 Juli 2009 20:45 WIB News,pilpres Share :

Puskaptis prediksi SBY raih 60 persen suara

Jakarta–Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis) memprediksi pasangan Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono akan mendapat 60 persen suara pemilih dalam Pemilu Presiden (Pilpres) Rabu ini.

Direktur Eksekutif Puskaptis Husin Yasid, dalam keteranagan pers di Jakarta, Rabu mengatakan perkiraan kemenangan SBY-Boediono itu telah diprediksi jauh sebelumnya setelah melakukan metode ‘stratafield random sampling’ di 1.000 desa, 600 kecamatan dan 159 kabupaten/kota.

“Figur SBY masih sulit untuk terkejar dibanding dua pasang capres-cawapres lainnya Megawati-Prabowo yang hanya meraih suara sekitar 26 persen dan Jusuf Kallah-Wiranto sekitar 14 persen,” katanya.

Kelebihan pasangan SBY-Boediono yang diusung dari Partai Demokrat itu karena selain figurnya juga karena didukung 23 partai politik (Parpol) mitra koalisi mereka.

Sehingga, wajar bila masyarakat di Tanah Air masih memilihnya untuk menjadi presiden lima tahun mendatang dibanding dua pasangan capres dan cawapres lainnya.

Menurut Husin, figur SBY berdasarkan survei yang dilakukan lebih banyak dipilih karena ketokohannya, serta visi dan misi yang dibawakan dan kemampuannya.

Dengan demikian, prediksi yang sering dilontarkan beberapa pengamat bahwa Pilpres tahun ini akan terjadi dua putaran itu tidak mungkin terjadi setelah melihat hasil perhitungan cepat tersebut.

Ia mengatakan, berdasarkan rekapitulasi data akhir “quick count” Pilpres yang masuk hingga pukul 17:30 WIB pasangan SBY-Boediono unggul pada lebih 20 provinsi.

Ant/tya

LOWONGAN PEKERJAAN
Taman Pelangi Jurug, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Hantu Komunisme Masih Menakutkan Anda?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (4/12/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah eljeha@gmail.com. Solopos.com, SOLO–”Communism? Nyet… nyet… nyet…[Komunisme? Tidak… tidak… tidak…].” Begitulah komentar orang Rusia…