Rabu, 8 Juli 2009 21:23 WIB Ekonomi Share :

Pilpres, jumlah pemudik melonjak 210%

Solo (Espos)–Pada hari H pelaksanaan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2009, Rabu (8/7), jumlah penumpang kereta api (KA) kelas eksekutif dan bisnis yang tiba di Stasiun Solo Balapan dari arah Jakarta dan sekitarnya, melonjak hingga sekitar 210 persen.

“Jumlah penumpang yang datang dengan menggunakan Kereta <I>Argo Dwipangga<I> dan Kereta <I>Senja Utama<I> hari ini (kemarin-<I>red<I>) mengalami peningkatan hingga sekitar 210 persen. Tingkat okupansi untuk kedua kereta tersebut penuh,” ujar Kepala Stasiun Solo Balapan, Sugiyanto ketika dikonfirmasi <I>Espos<I>, Rabu.

Sugiyanto memperkirakan selain karena masih dalam musim liburan, ada sebagian dari penumpang dari Jakarta dan sekitarnya tersebut datang ke Solo untuk kepentingan pencontrengan. Di sisi lain, Sugiyanto mengaku tingkat okupansi armada KA <I>Argo Lawu<I> ekstra kelas eksekutif jurusan Solo-Jakarta yang dijalankan pihak Stasiun Solo Balapan pada Selasa (7/7) malam lalu, terisi hingga 100 persen.

Terpisah, Kepala Stasiun Purwosari, Suwardi mengakui pada Rabu (8/7), tingkat okupansi KA <I>Prambanan Ekspres (Prameks)<I> yang diberangkatkan pada pagi hari, khususnya untuk <I>Prameks<I> I, II dan III, sempat mengalami penurunan. Namun setelah pukul 11.00 WIB, tingkat okupansi KA <I>Prameks<I> kembali normal.

“Untuk pemberangkatan KA <I>Prameks<I> pagi hari tingkat okupansinya memang sempat menurun. Mungkin karena masyarakat pada jam-jam pagi memang masih disibukkan dengan aktivitas menyontreng. Sebab selepas pukul 11.00 WIB tadi, jumlah penumpang KA <I>Prameks<I> sudah kembali normal seperti pada hari-hari biasa,” tutur Suwardi.

Diakui Sugiyanto, selama musim liburan sekolah jumlah penumpang KA <I>Prameks<I> terus melonjak dibanding hari-hari biasa, terutama pada akhir pekan yakni Jumat, Sabtu dan Minggu. Tingkat okupansi KA <I>Prameks<I> tambahan yang belum lama ini dioperasikan dengan jadwal kereta luar biasa (KLB) oleh pihak PT Kereta Api (KA) Daerah Operasional (Daops) VI Yogyakarta, terus mengalami peningkatan.

“Untuk KA <I>Prameks<I> tambahan juga sudah mulai ramai. Tingkat okupansinya selama musim liburan ini juga cukup tinggi,” kata Sugiyanto. Sedangkan untuk KA <I>Argo Prameks<I> kelas eksekutif yang pada tanggal 4 dan 5 Juli 2009 lalu diujicobakan, tingkat okupansinya rata-rata baru sekitar 30 persen.

sry

LOWONGAN PEKERJAAN
Tegar Transport Hotel Paragon Solo, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Solusi Kemanusiaan untuk Jerusalem

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (13/12/2017). Esai ini karya Mudhofir Abdullah, Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah mudhofir1527@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pernyataan sepihak Presiden Amerika Serikat Donald Trump atas Jerusalem sebagai ibu kota Israel yang…