Selasa, 7 Juli 2009 17:59 WIB pilpres Share :

KPU
Jumlah pemilih ganda diduga 1,1 juta

Jakarta–Hasil pemeriksaan ulang daftar pemilih tetap (DPT) pemilu presiden dan wakil presiden (pilpres) 2009 menunjukkan, terdapat sekitar 1,1 juta dari 47 juta pemilih yang diduga tercatat lebih dari sekali atau ganda karena memiliki Nomor Induk Kependudukan, nama, alamat, dan tanggal lahir yang sama.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Abdul Hafiz Anshary, di Jakarta, Selasa (7/7), mengatakan jika pemilih ditemukan memiliki NIK, nama, tanggal lahir, dan alamat sama maka kemungkinan ia tercatat lebih dari sekali sebagai pemilih.

“Tindak lanjut terhadap temuan ini bukan oleh KPU pusat tetapi oleh KPU kabupaten/kota setempat yang dilakukan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS),” katanya setelah menjelaskan hasil penyisiran data DPT yang dilaksanakan bersama dengan tim kampanye pasangan calon presiden dan wakil presiden.

Hafiz menjelaskan, tim pemeriksa DPT hanya mampu menyelesaikan pengecekan ulang DPT di 70 kabupaten/kota saja di enam provinsi di Pulau Jawa. Sementara sisanya tidak dapat diselesaikan karena keterbatasan waktu.

Dari hasil penyisiran di 70 kabupaten/kota tersebut ditemukan pemilih dengan NIK sama yaitu sekitar 5,9 juta atau 12,50 persen dari total jumlah pemilih tetap di enam provinsi tersebut yakni 47 juta.

Selain itu, ditemukan pemilih dengan NIK dan nama sama sebanyak 2,8 juta atau 5,9 persen, pemilih dengan NIK, nama, dan tanggal lahir sama sebesar 1,4 juta atau 2,9 persen, serta pemilih dengan NIK, nama, tanggal lahir dan alamat sama 1,1 juta atau 2,4 persen.

Ia mengatakan informasi temuan ini akan segera disampaikan ke KPU kabupaten/kota untuk ditindaklanjuti.

Hafiz menuturkan, KPU juga telah memberikan instruksi agar petugas mencoret nama pemilih yang tercatat lebih dari satu kali, warga yang tidak jelas identitasnya, warga yang bersatus TNI/Polri aktif, dan tidak memenuhi syarat sebagai pemilih.

“Pembuktian ganda itu harus diperiksa di lapangan. Itu kawan-kawan daerah (KPU kabupaten/kota) yang tahu,” ujarnya didampingi perwakilan dari tim kampanye pasangan capres dan cawapres yaitu Rully Chairul Azwar (pasangan Jusuf Kalla-Wiranto), Fadli Zon (pasangan Megawati Soekarnoputri-Prabowo Subianto), dan Ruhut Sitompul yang mewakili pendukung pasangan Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono.

ant/fid

lowongan pekerjaan
Pengawas, Estimator, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JL CPT Taft GT4x4’94,Body Kaleng,Ori,Asli KLATEN:081391294151 (A00593092017) DP Mura…
  • LOWONGAN CARI PTIMER 2-4 Jam/Hari Sbg Konsltn&SPV Bid.Kshtn All Bckgrnd Smua Jursn.Hub:0811.26…
  • RUMAH DIJUAL Jual TNH&BGN HM 200m2,LD:8m,Strategis,Makamhaji,H:08179455608 (A00280092017) RMH LT13…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Gerai Matahari dan Penjualan Kembali ke Fungsi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (22/9/2017). Esai ini karya Flo. Kus Sapto W., seorang praktisi pemasaran. Alamat e-mail penulis adalah floptmas@gmail.com. Solopos.com, SOLO¬†— Berita akan ditutupnya dua gerai Matahari di Pasaraya Manggarai dan Blok M, Jakarta, cukup menarik…