Soloraya
Selasa, 7 Juli 2009 - 15:51 WIB

KNKT mulai investigasi tragedi mbah Ruwet

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Klaten (Espos)–Komite Nasional Kecelakaan Transportasi (KNKT) turun tangan melakukan investigasi terkait tabrakan kereta api (KA) Prameks dan minibus Hadi Mulyo di Desa Pokak, Ceper, Selasa (7/7). KNKT melakukan penyelidikan untuk mengetahui kronologis peristiwa, hingga penyebab tragedi tersebut bermula.

KNKT datang ke lokasi perlintasan KA yang kerap disebut Mbah Ruwet itu dipimpin oleh investigator in charge Kusnendi Soehardjo.

Advertisement

Di lapangan, KNKT menelusuri lokasi sepanjang rel untuk mengukur jarak bus terseret. Selain itu, KNKT juga melihat kondisi bantalan rel dan areal pandang sekitar.

Selain Kusnendi, tim KNKT yang melakukan investigasi terdiri dari Sukriyadi dan Desy Setyowati. KNKT datang didampingi Kepala Humas PT Kereta Api (KA) Daerah Operasional (Daops) VI Yogyakarta, Eko Budiyanto. Selain itu, tim dari Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Jateng, dan Polres Klaten juga mendatangi lokasi untuk berkoordinasi.

“Kami saat ini mengumpulkan data atas kecelakaan yang terjadi. Kami memeriksa semua kondisi lapangan, kelengkapan rambu-rambu, hingga meminta keterangan dari para korban,” kata Kusnendi yang juga menjabat sebagai Ketua Sub Komite Keselamatan Transportasi Darat KNKT kepada wartawan di sela-sela pemeriksaan.

Advertisement

Dari pemeriksaan sementara, KNKT mendapati areal setempat tergolong daerah bebas pandang. Artinya, tidak ada hambatan pandangan yang mengganggu pengguna jalan saat melintas di perlintasan KA tersebut.

Kendati demikian, KNKT belum bisa menyimpulkan lebih lanjut mengenai penyebab terjadinya tragedi Mbah Ruwet. Kusnendi mengungkapkan, hasil investigasi ditentukan nanti, setelah pihaknya rampung mengumpulkan data-data.

Kasus tabrakan itu menjadi perhatian serius KNKT mengingat korban tewas mencapai 15 orang. KNKT, lanjut Kusnendi, turun tangan bila tragedi kecelakaan yang terjadi merenggut sedikitnya delapan korban jiwa.

haa

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Investigasi KNKT Mbah Ruwet
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif