Senin, 6 Juli 2009 18:15 WIB Ekonomi Share :

Survei BI
Konsumen semakin optimis

Jakarta--Survei Bank Indonesia (BI) mencatat konsumen semakin optimis terhadap keadaan perekonomian seperti tercermin dalam kenaikan indeks keyakinan konsumen (IKK) pada Juni 2009 yang terus meningkat dan menyentuh level 109.1.

“Hasil survei Bank Indonesia menunjukkan bahwa optimisme perekonomian semakin meningkat sehingga IKK menyentuh 109,1, berarti naik 3,2 poin dibandingkan bulan sebelumnya, dan naik 30,0 poin secara tahunan,” ungkap survei Bank Indonesia yang dikutip dari laman BI, Senin (6/7).

Survei menyatakan peningkatan optimisme konsumen tersebut diperkirakan karena adanya indikasi pertumbuhan ekonomi yang masih baik serta inflasi yang rendah.

Selain itu, maraknya kampanye pemilihan presiden juga menjadi pemicu penguatan indeks tersebut terutama karena perkiraan belanja yang meningkat.

Dukungan terhadap adanya optimisme perekonomian ditunjukan oleh indeks kondisi ekonomi (IKE) saat ini.Indeks naik 3,5 poin dari sebelumnya menjadi 94,5 poin.

Meski IKE yang masih berada di bawah 100 yang berarti masih terdapat pesimisme, namun dengan kenaikan 3,5 poin tersebut menunjukan pesimisme mulai berkurang.

Peningkatan IKE tersebut didukung oleh harapan terhadap lapangan kerja saat ini yang semakin meningkat.Hal ini ditunjukan dengan indeks ketersedian lapangan kerja yang meningkat 5,5 poin menjadi 91,2 poin.

Selain itu, indeks penghasilan masyarakat saat ini juga lebih baik, seperti ditunjukan indeks penghasilan saat ini yang meningkat menjadi 124,2 poin dari bulan sebelumnya yang sebesar 124,2 poin.

Sementara itu, survei harapan konsumen pada enam bulan ke depan sedikit bervariasi. Meski untuk harapan ekonomi pada enam bulan kedepan semakin optimis dengan mencatatkan kenaikan indeks dari 126.6 pada bulan sebelumnya menjadi 130.6.

Namun untuk harapan penghasilan pada enam bulan ke depan justru sedikit turun dari indeks 136.4 menjadi 135.6 pada bulan ini.

Sedangkan untuk harapan ketersedian lapangan kerja pada enam bulan ke depan justru menembus level optimis dari 99.7 pada bulan sebalumnya  menjadi 105.2.

Sementara itu, harapan untuk harga pada enam bulan ke depan, para konsumen masih memperkirakan akan meningkat tipis. Hal ini tercatat dalam indeks harga umum yang meningkat dari 154.0 menjadi 154.6.

ant/fid

LOWONGAN PEKERJAAN
Tegar Transport Hotel Paragon Solo, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Solusi Kemanusiaan untuk Jerusalem

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (13/12/2017). Esai ini karya Mudhofir Abdullah, Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah mudhofir1527@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pernyataan sepihak Presiden Amerika Serikat Donald Trump atas Jerusalem sebagai ibu kota Israel yang…