Senin, 6 Juli 2009 14:55 WIB Ekonomi Share :

Kantor Pos layani pemesanan tiket KA online

Solo (Espos)–Kantor Pos Solo saat ini melayani pemesanan tiket kereta api (KA) kelas eksekutif dan bisnis kepada masyarakat pengguna jasa KA. Pelayanan tersebut dapat dilakukan di 23 kantor pos di wilayah kerja Kantor Pos Solo dengan menggunakan fasilitas System Online Payment Point (SOPP).

Manager Pemasaran dan Sentral Layanan Pelanggan Korporat (SLPK) Kantor Pos Solo, Hanin Fathan Ch mengemukakan layanan pemesanan tiket KA kelas eksekutif dan bisnis tersebut merupakan bentuk kerja sama pihak Kantor Pos dengan PT Kereta Api (KA) Persero dan PT Flash Mobile.

“Pemesanan tiket hanya dapat dilakukan H-1 sampai H-30 waktu keberangkatan kereta api dari tanggal pemesanan. Dalam setiap pemesanan, calon penumpang kereta akan mendapatkan resi pemesanan tiket yang harus ditukarkan ke loket reservasi kereta api yang ada di stasiun kereta api dan penumpang hanya diizinkan naik kereta sesuai dengan kota asal atau stasiun yang tercetak dalam resi atau tiket kereta,” papar Hanin ketika ditemui wartawan di Kantor Pos Solo, Senin (6/7).

Hanin menyebutkan ada biaya administrasi pemesanan tiket KA senilai Rp 7.500 dengan ketentuan satu resi pemesanan tiket tersebut bisa digunakan hingga maksimal empat tiket.

“Dengan sistem online tersebut, memungkinkan calon penumpang bisa memilih tempat duduk di kereta karena ada informasi kursi mana saja yang tersedia dan bisa dipilih,” imbuhnya.

Dengan layanan tersebut, Hanin menyatakan semakin melengkapi pelayanan yang diberikan Kantor Pos melalui SOPP antara lain untuk membayar tagihan listrik, tagihan telepon dan print out, tagihan telepon selular (Ponsel), angsuran kredit sepeda motor, kartu kredit dan tiket KA.

“Pelayanan untuk pemesanan tiket KA ini sebenarnya sudah mulai dioperasikan sejak dua bulan lalu namun sosialisasinya sengaja kami gencarkan saat musim liburan ini dengan harapan bisa menarik minat masyarakat untuk ikut memanfaatkan layanan tersebut,” ujar Hanin.

Terpisah, Kepala Humas PT KA Daops VI Yogyakarta, Eko Budianto membenarkan bahwa saat ini pemesanan tiket KA untuk kelas eksekutif dan bisnis dapat dilakukan secara online di kantor pos.

“Sistem ini diterapkan dengan tujuan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pengguna jasa KA agar mereka juga lebih mudah dalam melakukan pemesanan tiket KA tersebut,” terang Eko.

sry

lowongan kerja
Harian Umum SOLOPOS Account Executive Toko Solopos, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Musik untuk Palestina

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (12/12/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pendengar musik metal ala Timur Tengah. Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, bikin masalah lagi….