Senin, 6 Juli 2009 22:05 WIB Ah Tenane Share :

Ambil helm

6koploLady Cempluk dan Gendhuk Nicole, sepasang kakak beradik yang tinggal di pinggiran Kota Bengawan ini ke mana-mana selalu runtang-runtung berdua.

Ketika disuruh bapaknya, Tom Gembus, untuk mengambilkan helm yang dipinjam Jon Koplo, teman sang bapak, mereka pun berangkat bersama.

Setelah menempuh perjalanan yang lumayan jauh, sampailah keduanya di kawasan rumah Jon Koplo. ”Ndhuk, kamu yang ambil helmnya ya. Aku tunggu di sini. Aku tak muter motor. Yang itu lho, rumah Pak Jon Koplo,” ujar Cempluk sambil menunjuk ke sebuah rumah.

”Beres, Mbak. Nggak sampai lima menit,” jawab Gendhuk Nicole mantap.

Dengan semangat ‘45, Gendhuk Nicole bergegas menuju rumah yang tadi ditunjuk oleh mbakyu-nya. Setelah ber-kula nuwun, keluarlah seorang bapak-bapak tua.

”Pak, saya diutus Pak Tom Gembus untuk mengambil helm warna biru tua yang kemarin Bapak pinjam,” terangnya lantang.

”Helm apa ya, Mbak? Helm yang mana?” jawab Pak Tua itu tak kalah lantang. ”Sebentar. Coba saya tanya ke isteri saya, mungkin dia tahu.” Lalu bapak tadi masuk ke dalam rumah untuk memanggil isterinya.

Sementara itu, Cempluk yang sedang menunggu di jok motor sudah tak sabar lagi. Ketika menengok ke rumah Jon Koplo, ternyata Gendhuk Nicole tak ada di sana, melainkan malah terlihat sedang berdiri nggejejer di depan warung srabi.

”Heh, Ndhuk! Kamu ngapain di situ? Mau beli serabi? Rumah Pak Jon Koplo bukan di situ, tapi di sebelahnya, itu lho yang ada bengkelnya. Piye ta Ndhuk? Tiwas tak enteni suwe.”

Mak prempeng, wajah Gendhuk Nicole pun langsung memerah. Tanpa menunggu lama, ia segera meninggalkan rumah bapak itu tanpa menghiraukan Si Bapak dan isterinya yang masih kebingungan mencari helm biru yang Gendhuk Nicole maksud.

Kiriman Noverita Siska Pratiwi, Gondang RT 03/RW I, Manahan, Banjarsari, Solo 57139.

lowongan pekerjaan
AYAM BAKAR KQ 5, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama-Sama Mengawasi APBD

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (8/12/2017). Esai ini karya Doddy Salman, mahasiswa S3 Kajian Budaya dan Media Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah doddy90@yahoo.com Solopos.com, SOLO–DPRD DKI Jakarta mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran…