Sabtu, 4 Juli 2009 20:40 WIB Boyolali Share :

4 SMA swasta akan beralih jadi SMK

Boyolali (Espos)–Sedikitnya empat SMA swasta tahun ini berencana beralih menjadi SMK. Munculnya kecenderungan meningkatnya minat lulusan SMP untuk melanjutkan studi ke SMK dinilai sebagai salah satu latar belakang peralihan tersebut.

Kasi Kurikulum SMP/SMA/SMK dari Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Boyolali, Suwarno, mengutarakan keempat SMA swasta yang berencana beralih menjadi sekolah kejuruan adalah SMA Bhineka Karya 5 Boyolali, SMA  Muhammadiyah 6 Karanggede, SMA Muhammadiyah 6 Wonosegoro, SMA Muhammadiyah Simo.

“Masih dalam proses,” ujarnya saat ditemui akhir pekan lalu di Komplek Pemkab Boyolali.

Untuk penerimaan siswa baru tahun ini, jelas dia, minat lulusan SMP untuk melanjutkan studi ke SMK dibandingkan tahun kemarin diprediksi ada peningkatan. Sayangnya ia belum bisa menjelaskan detil mengenai angka pasti kenaikan pendaftar SMK dalam beberapa  tahun terakhir. Namun ia memastikan adanya tren positif.

Suwarno menjelaskan, peningkatan minat siswa untuk menempuh pendidikan tingkat atas ke sekolah kejuruan salah satunya disebabkan gencarnya promosi yang dilakukan oleh pemerintah. Di sisi lain, dengan persaingan ketat di dunia kerja saat ini menuntut lulusan memiliki keterampilan lebih untuk bisa bersaing. Kondisi itu sudah mulai disadari oleh para lulusan SMP maupu orangtuanya.

Ditambahkan Suwarno, sesuai dengan program pemerintah, Pemkab Boyolali tengah berupaya untuk mewujudkan komposisi jumlah SMK dan SMA menjadi 70%: 30%. Saat ini komposisi jumlah SMA masih lebih dominan dibandingkan dengan SMK dengan perbandingan saat ini sekitar 54%:46%.

Sayangnya, masih ada salah satu kendala yang kontraproduktif dengan kebijakan pemerintah pusat mengenai SMK ini, yakni belum adanya ujian kesetaraan dengan kejuruan bagi siswa SMK yang gagal ujian nasional.

kha

lowongan pekerjaan
PT. SEJAHTERA MOTOR GEMILANG, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama-Sama Mengawasi APBD

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (8/12/2017). Esai ini karya Doddy Salman, mahasiswa S3 Kajian Budaya dan Media Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah doddy90@yahoo.com Solopos.com, SOLO–DPRD DKI Jakarta mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran…